Terkait Virus Corona, Kadiskes Riau Imbau Masyarakat Tidak Panik

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, mengimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Riau untuk tidak panik dan selalu waspada terkait banyaknya isu penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan China.

Ia mengungkapkan telah dilakukan berbagai upaya pencegahan masuknya virus corona ke Riau. Namun, ia juga menegaskan pentingnya pencegahan terhadap diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut disampaikan Mimi, saat menghadiri acara peringatan hari kanker sedunia yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Kanker Indonesia (YKKI) Riau, yang berlangsung di Living World Pekanbaru, Sabtu (15/2/2020).

“Masyarakat tidak perlu khawatir kasus corona ini, namun kita juga mesti waspada dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan,” katanya.

Mimi juga mengatakan, pencegahan terhadap penyebaran virus apapun bentuknya, bisa dilakukan dengan berperilaku hidup sehat dan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.

“Karena semua berawal dari ketika menyentuh benda apapun, kita tidak tahu adanya debu atau kotoran dan virus apa yang ada pada benda tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tertib ketika bersin yakni dengan menutup mulut menggunakan tisu atau sapu tangan, kemudian tidak membuang tisu bekas di sembarangan tempat.

“Kalau bersin di depan orang ramai jangan sembarangan tutup mulut dan hidung supaya tidak menyebar kemana-mana,” tutur Mimi.

Tambahnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun ia menyarankan agar masyarakat selalu melakukan aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan bergizi.

“Kalau sudah menerapkan pola hidup sehat pasti kita juga akan sehat. Kalau merasa ada gejala-gejala yang menyerupai penyebaran virus corona cepat datang ke sarana kesehatan,” tutupnya. (mcr)

  • Bagikan