Fakta Terkini Kondisi Kesehatan Habib Rizieq di Tahanan Polisi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM -Kondisi kesehatan Habib Rizieq Shihab masih belum stabil. Terkini, Habib Rizieq disebut masih lemas dan sakit.

Habib Rizieq sendiri sudah 11 hari menghuni rutan Bareskrim. Dia dipindah oleh kepolisian dari rutan Polda Metro Jaya ke rumah tahanan (rutan) Bareskrim Polri. Habib Rizieq mulai pindah ke rutan Bareskrim Polri sejak Kamis (14/1).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan pemindahan itu dilakukan untuk mempermudah tim penyidik mengurus pemberkasan kasus yang melibatkan Habib Rizieq. Selain itu, lanjut Andi, rutan Polda Metro Jaya (PMJ) sudah cukup padat.

Pada 16 Januari, Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar menyampaikan kondisi Habib Rizieq mengalami kurang sehat.

“Ya kurang sehat, masih sakit dan ya… kita khawatir,” kata Aziz saat dihubungi, Sabtu (16/1).

Aziz menuturkan, saat diperiksa 15 Januari Habib Rizieq dalam keadaan sakit, tapi memaksakan diri bertemu dengan penyidik. Aziz mengatakan saat itu Habib Rizieq tidak melanjutkan pemeriksaan karena berbagai alasan, salah satunya sakit.

“Beliau memaksakan diri untuk menemui penyidik untuk diperiksa, kemudian akhirnya karena kondisi beliau, akhirnya tidak bersedia untuk diperiksa karena berbagai alasan. Ketemu penyidik tapi tidak sampai melanjutkan pemeriksaan,” tuturnya.

“(Alasan tidak melanjutkan pemeriksaan) antara lain (sakit) iya, antara lain beliau sudah fokus kasusnya yang sudah ditahan. Beliau ditahan kan karena kasus kerumunan, ya beliau mau fokus itu saja,” sambungnya.

Habib Rizieq saat diperiksa saat itu tidak mengeluhkan apapun. Namun Aziz mengatakan melihat secara kasatmata kondisi Habib Rizieq sakit.

“Nggak, beliau nggak mengeluh, cuma kita kan melihat (sakit),” imbuhnya.

Hari ini, Aziz kembali mengungkap kondisi kesehatan Habib Rizieq. Dia menyebut Habib Rizieq masih belum sehat.

“Kondisi beliau masih lemah dan sakit,” kata Aziz saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Habib Rizieq, lanjut Aziz, memiliki masalah pada lambungnya. Selain itu, Habib Rizeq sering mengalami sesak napas.

Meski demikian, Aziz mengapresiasi Mabes Polri yang profesional dalam menangani kesehatan Habib Rizieq. Pihaknya juga berterima kasih atas doa pendukung Habib Rizieq yang mendoakan lewat media sosial.

“Alhamdulillah Dokkes Mabes Polri profesional dan kami sangat apresiasi,” ujar Aziz.

“Terima kasih banyak, semoga kesehatan selalu tercurah bagi yang mendoakan beliau juga,” imbuhnya.

Polri Pastikan Ada Dokter Periksa Berkala

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan ada dokter polisi yang memeriksa para tahanan, termasuk Habib Rizieq. Argo menjelaskan, semua tahanan, termasuk Habib Rizieq, mendapatkan pemeriksaan dari dokter polisi. Pengecekan kesehatan itu dilakukan secara berkala.

“Ada dokter polisi yang secara berkala memeriksa semua tahanan,” kata Argo, Minggu (24/1/2021).

Argo pun mengatakan sampai saat ini belum menerima informasi terkait kabar Habib Rizieq sakit.

“Belum ada informasi,” ujar Argo menanggapi kabar sakitnya Habib Rizieq dari pihak pengacara.***(detik.com)

  • Bagikan