Wah, NASA Rilis Foto Mars dengan Resolusi Paling Tinggi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM – Beberapa waktu lalu, NASA merilis foto Mars dengan resolusi tinggi. Foto ini diambil dari Curiosity, yaitu salah satu kendaraan robot milik NASA.

Seperti dilansir dari Travel+leisure, foto Mars dijepret menggunakan Mast Camera yang menjadi komponen Curiosity. Kamera ini diposisikan pada ketinggian enam setengah kaki. Gambar yang dihasilkan bukanlah foto biasa, karena merupakan jahitan lebih dari 1.000 foto individual dengan resolusi 1,8 miliar pixel.

Gambar yang ditangkap menunjukkan lanskap yang tak berbeda dengan ngarai gurun di Bumi. Akan tetapi, dalam foto Mars, bagian hamparan kawah selebar tiga mil menyadarkan Anda bahwa planet ini ternyata sangat berbeda dengan Bumi.

“Ini adalah pertama kalinya selama misi kami sudah mendedikasikan operasi kami untuk panorama stereo 360 derajat,” kata Ilmuwan proyek Curiosity di Jet Propulsion Laboratory NASA.

Kedua panorama menampilkan “Glen Torridon”, sebuah wilayah di sisi Gunung Sharp. Dibutuhkan lebih 6,5 jam selama 4 hari agar Curiosity dapat menangkap bidikan individual.

Para tim di Bumi memilih foto yang telah terkumpul dengan hati-hati untuk membentuk panorama tersebut. Para ilmuwan percaya bahwa miliaran tahun lalu, wilayah ini adalah merupakan danau dan sungai.

Tujuan utama Curiosity adalah meneliti bahan utama yang penting untuk kehidupan seperti nitrogen, fosfor dan oksigen yang eksis di Planet Mars. Akan tetapi, kendaraan ini tidak dilengkapi alat untuk mencari organisme hidup.

Anda bisa memperbesar gambar dan melihat Mars dengan detail yang menakjubkan dalam***(detik.com)

  • Bagikan