Sosialisasikan New Normal Secara Masiv, Bupati Ingatkan Masyarakat Tetap Disiplin dan Patuhi Protokol Kesehatan

  • Bagikan
Bupati Sukiman, memimpin rapat persiapan tatanan New Normal di pendopo rumah dinas bupati, bersama Forkompinda dan pejabat Rohul lainnya.

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan mensosialisasikan kebijakan New Normal secara masiv menuju masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Itu diakui Ketua tim Gugus tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Rohul H.Sukiman, Selasa (2/6/2020) sore, usai memimpin rapat persiapan tatanan New Normal di pendopo rumah dinas bupati.

H Sukiman yang juga Bupati Rohul berharap, masyarakat agar tetap disiplin dalam mematuhi imbauan pemerintah dan protokol kesehatan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Negeri Seribu Suluk yang masuk dalam kategori zona hijau COVID 19.

Dalam rapat terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID19, juga hadir Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, Dandim 0313 KPR diwakili Danramil 02/Rambah Kapten Inf Kasmir, Kajari Rohul Ivan Damanik SH MH, Ketu PN Pasir Pqngaraian Sunoto, Kalapas Klas II B Pasir Pangaraian M.Lukman, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, para Kepala OPD Rohul.

H.Sukiman dalam rapat persiapan New Normal menyatakan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sepakat perketat pengawasan di 4 Posko daerah perbatasan provinsi tetangga dengan kabupaten Rohul, ditambah pengawasan di Posko Simpang TB Kecamatan Tandun.

Dalam rapat persiapan New Normal, sebagai langkah apa yang dilakukan, nantinya dituangkan dalam SOP agar pelaksanaan New Normal dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita bersyukur ke Allah SWT, karena Rohul salah satu kabupaten di Riau masuk zona hijau. Sehingga Rohul jadi pilot project dalam penerapan New Normal menuju masyarakat produktif dan aman dari COVID-19,’’ jelas Sukiman.

Mengantisipasi Rohul tetap aman kata Sukiman, dari wabah COVID-19 maka perlunya penekanan ke masyarakat untuk tetap disiplin dan mengikuti imbauan pemerintah dengan menerapkan prokol kesehatan dalam penerapan New normal di Rohul.

Kemudian selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, di pusat keramaian seperti pasar tradisional wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun serta setiap masyarakat yang
bergizi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting menyatakan, siap mendukung Pemkab Rohul dalam penerapan New Normal. Tentunya Polri dan TNI-Polri serta seluruh stekholder harus benar-benar fokus melaksanakan disiplinan dalam penerapan New Normal dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Kapolres juga menjelaskan, sesuai kesepakatan bersama 5 Posko pengawasan diperketat, 4 Posko di berbatasan dengan Provinsi dan 1 berbatasan dengan Kampar dan Kabun. Pihaknya akan menambah kekuatan personil Polri dalam pengawasan ini agar benar-benar di Screning semua perlintasan masyarakat terutama dari daerah  Zona Merah.

Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengakui, dengan diterapkan New Normal di Kabupaten Rohul, tidak adanya perubahan yang signifikan akan tetapi perlu dilakukan penerapan untuk terus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Terkait pengawasan ketat di 5 Posko yang disepakati Pemkab bersama Forkopimda Rohul, Wanda menyebutkan, kedepan Posko pengawasan ini perlu diperhatikan dan di evaluasi seperti
kebutuhan petugas di Posko agar dilengkapi.”***(Hsb).

  • Bagikan