Telekonprens Dengan Gubri, Sekda Paparkan Kesiapan Pemkab dan Semua Pihak Penanggulangan COVID-19 di Rohul

  • Bagikan
Sekda Abdul Haris, Kapoles, Kadiskes, Direktur RSUD Rohul, Kasat Pol PP dan prjabat lainnya telekonprens dengan Gubri dan pejabat Formompinda Riau terkait penangan corona di seluruh kabupaten/ kota di Riau.

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Dalam siaran langsung telekonprens bersama Gubernur Riau (Gubri) dan Forkompinda Riau, Senin (23/3/2020), Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H.Haris, memaparkan kesiapan dari Pemkab Rohul upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Telekonprens tersebut digelar di ruang rapat Rumah Dinas Bupati Rohul, dihadiri Kapolres AKBP Dasmin Ginting, sejumlah perwira Polres Rohul, Kepala Diskes dr.Bambang Triono, Direktur RSUD Rohul dr.Novil, Kasatpol PP dsn Damkar Ridarmanto, Kadiskominfo Drs.Yusmar.M.Si, Kadishub dan pejabat lainnya.

Kepada Gubri Syamsuar, secara langsung Sekda menjelaskan satu persatu apa langkah yang sudah dilakukan dan akan dilaksanakan, namun intinya Pemkab Rohul bersama seluruh instansi terkait sedah siap bila ada warga yang terkena wabah Corona.

“Kesipan kita antara lain, sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas jika dibutuhkan. Termasuk di RSUD Rohul juga kita merubah ruangan VIP yang selama ini digunakan sehari kita rombak untuk disediakan bila terjadi kebutuhan ruangan isolasi,” kata Sekda kepada Gubri Syamsuar.

Ditambahkan Sekda, daerah juga sudaah mencadangkan beberapa tempat untuk ruang isolasi jika dibutuhkan, termasuk shelter BPBD juga ada BLK milik provinsi Riau yang ada di Rohul.

“Selain itu kita sudah membentuk posko posko penanggulangan COVID -19 yakni di markas PMI Kabupaten Rohul. Bahkan sudah seminggu ini petugas stand by dan jika dibutuhkan bisa dipanggil, bisa dihubungi termasuk dengan peralatan, ambulance yang ada disana.Kita sudah melakukan himbauan himbauan ke masyarakat juga sudah menyampaikan edaran seluruh masyarakat di Rohul,” ungkap Sekda ke waratawan usai telekonprens.

Sekda juga mengakui, sudah sosialisasi dan menyampaikan, bagaimana masyarakat supaya tidak berkumpul beramai-ramai. Bagaimana supaya menahan diri bersama-sama memperbanyak di rumah, kecuali ada hal-hal yang penting.

Tambah Sekda ,selama ini virus belum bisa terkendali dengan baik. Kmeudian ASN mulai dari hari ini sudah melakukan bekerja dari rumah sudah bekerja dari rumah itu terkhusus untuk staf dan pejabat eselon 4 dan untuk kantor-kantor pelayanan ditunjuk piket. Nantinya ada piket yang menerima berkas berkas pelayanan, lalu pekerjaan tersebut dikirim ke rekannya di rumah diselesaikan di rumah kembali dikirim ke kantor.

“Masyarakat bisa mengambil kembali dengan adanya piket di hari ini, kita berlakukan sampai 31 Maret 2020 dan setelah itu kita akan mengikuti tentunya arahan dari pemerintah pusat,” ungkap Sekda lagi.

Didampingi Kapolres, Sekda juga mengakui, Pemkab Rohul melakukan pergeseran anggaran dalam artian untuk mengatasi Corona, penyesuaian dengan kebutuhan terutama kebutuhan kita untuk melakukan pengecekan terhadap masyarakat baik pengecekan yang sifatnya rutin maupun nanti mungkin pemeriksaan yang harus dilakukan jika ditemukan indikasi-indikasi Corona.

“Sehingga dibutuhkan lanjutan iyang semuanya harus kita akomodir, termasuk juga petugas-petugas kita harus kita bekerja ekstra baik untuk pemeriksaan juga rutin. Juga mendirikan posko di pintu-pintu masuk ke Rohul baik dari luar sebelah dari Pekanbaru atau dari Sumatera Barat ataupun nanti dari Sumatera Utara jadi semua ini tentu membutuhkan juga dukungan pembiayaan,”

“Termasuk kelengkapan kelengkapan petugas untuk memenuhi alat pelindung diri dan juga peralatan peralatan kerja yang dibutuhkan namun ini kita melakukan sesuai prosedur dan juga sesuai dengan arahan pemerintah pusat maupun provinsi Riau,” jelas Sekda Abdul Haris.

Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting sendiri mengakui, saat ini pihak kepolisian khususnya Polres Rohul telah melakukan langkah-langkah diantaranya untuk menjaga ketersediaan sarana prasarana terutama seperti Hand sanitizer, masker dan lainnya.

“Personil kita sudah melakukan langkah-langkah seperti hari ini, tim Polres sudah bekerja bersama-sama dengan teman-teman yang lainnya mengecek ke gudang-gudang dan berapa apotik. Itu guna mengetahui bagaimana ketersediaan masker maupun  Hand sanitizer,’” tegasnya.

ijemudian, bagi oknum-oknum yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara menimbun sembako puhaknya pasti akan menindak tegas. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

  • Bagikan