Tim Gugus Covid- 19 Corona Perbatasan Diaktifkan, Pemeriksa Suhu dan Kenakan Masker Bagi Orang Masuk ke Rohul

  • Bagikan
Bupati Sukiman, Ketua PMI Rohul Peni Herawati, Sekda Abdul Haris, tinjau Tim gugus COVID- 19 yang sudah diamtifkan memantau orang yang masuk ke Rohul dengan melakukan pemeriksaan suhu badan dan bagikan masker di perbatasan.

RIAUDETIL.COM,ROHUL –  Menindaklanjuti arahan Gubernur Riau (Gubri) melalui vidcon, Senin (23/3/2020) kemarin serta instruksi Bupati Rohul H. Sukiman, disepakati melaksanakan aksi dan langkah nyata ke masyarakat.

Dari hasil keputusan rapat antara Sekretaris Daerah, Kapolres dan OPD terkait usai digelarnya Vidcon, upaya menindak lanjuti sejumkah himbauan baik dari pusat, provinsi maupun Rohul sendiri disepakati melaksanakan beberapa aksi nyata ke masyarakat seperti pemberitahuan melalui para camat dan upika.

Termasuk ke kepala Desa, para ulama dan tokoh adat serta masyarakat hingga ke tingkat RW dan RT. Selain itu membuat posko di dua tempat perbatasan  Rohul,yakni perbatasan dengan Kabupaten Padang lawas (Sumut) dan  simpang Tri Brata, Tandun.

Bupati Rohul H Sukiman, Selasa (25/3/2020), lakukan peninjauan Tim gugus COVID- 19, yang kini sudah melaksanakan tugasnya dengan lakukan pembagian masker dan pengecekan suhu tubuh ke setiap orang yang masuk ke Kabupaten  Rohul, baik dari  Kampar, Bengkalis, Siak ataupun Pekanbaru.

Bahkan Bupati H. Sukiman bersama Ketua PMI Rohul yang juga Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati serta rombongan, ikut bagikan dan pasangkan masker ke pengendara mobil dan sepeda motor yang melintas.

“Alhamdulillah semua yang masuk terdeteksi normal, kita berharap di daerah kita tidak akan pernah masuk virus yang meresahkan ini,” harap Bupati Sukiman, didampingi Sekda Rohul H Abdul Haris.

Bupati Sukiman menambahkan, Pemkab Rohul beserta PMI Rohul, juga telah mempersiapkan stok masker 10 ribu kotak yang dipesan langsung ke pabrik di Surabaya. Masker itu dibagikan ke masyarakat terutama yang masuk Ke Rohul.

“Semua ini dilakukan, bentuk kesiap siagaan Pemkab Rohul terhadap penanganan wabah COVID-19. Pemerikaaan bukan berarti melarang warga maayarakat lain ke Rohul namun itu salah aatu usaha memutus rantai penyebaran Corona dan kewaspadaan pemerintah menjaga untuk tidak masuknya Corona di Rohul,” sebut Bupati lagi.

Di posko perbatasan, terlihat sudah siap  dari PMI Rohul, Camat Tandun, Kepolisian, Danramil, serta Dokter yang selalu siaga dalam mengecek setiap warga ataupun masyarakat yang masuk ke Rokanhulu terutama yang melintasi daerah perbatasan.

Dalam pengecekan dan pemeriksaan itu, masyarakat diperiksa suhu tubuhnya dan apabila tidak punya masker akan diberi nasker oleh tim yang bertugas.

Upaya lain, yakni dengan melakukan pengumuman melalui mobil dan sepeda motor dengan pengeras suara juga sudah dilaksanakan  sejak 23 Maret oleh aparatur pemerintah Camat dan Kepala Desa bersama pihak Kepolsek dan  Danramil. Kemudian petugas kesehatan dari Puskesmas yang ada, baik keliling kampung maupun ke tempat keramaian dan pasar pasar yang ada di Kecamatan juga desa. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

  • Bagikan