Festival Kapolres Inhil Apresiasi Budaya Penganten Sahur

  • Bagikan
Festival Kapolres Inhil Apresiasi Budaya Penganten Sahur

RIAUDETIL.COM,INHIL- Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Dolifar Manurung SIK, didampingi oleh Waka Polres Inhil, Kompol Dr H Azwar SSos MSi, dan jumlah perwira Polres Inhil bergabung bersama masyarakat Festival Festival Budaya Penganten Sahur yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Minggu (11/6/2017) dinihari.

Festival Budaya Penganten Sahur yang cocok untuk membangunkan warga makan sahur ini ramai dihadiri oleh pengunjung yang berdatangan dari berbagai pelosok di Desa Pulau Palas dan desa-desa sekitarnya. Sedikitnya 4.000 pasang mata, turut menyaksikan kemeriahan acara itu. Yang menarik adalah para pengantin adalah laki-laki, yang dirias menjadi pasangan pengantin pria dan wanita, wakil RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas.

Menjadi sebuah kearifan lokal, festival ini sendiri sudah lama, semenjak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan pada setiap Bulan Suci Ramadhan.

Pada pelaksanaan Malam Minggu ini, ada 12 pasang pernikahan yang ikut festival. Kriteria yang menilai adalah kecantikan mempelai wanita dan keserasian pasangan pengantin serta singasana tempat pengantin akan diarak disekeliling Desa Pulau Palas.

Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK yang didaulat untuk memberikan kenangan, mengatakan kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif dan harapan tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi iven wisata lokal. Untuk itu Kapolres menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan Panitia Penyelenggara. “Semoga tidak ada konfigurasi dalam pelaksanaannya,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres menyatakan, apakah Polres Inhil bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Kabupaten Inhil siap melakukan kegiatan ini.

“Untuk mengamankan kegiatan ini, Polres Inhil turun 60 orang Personel, dibantu oleh TNI dan panitia biasa,” tambahnya.

Selesai Festival Budaya Penganten Sahur dilaksanakan, kegiatan ini dilanjutkan dengan makan sahur bersama dengan masyarakat. (krn/red)

  • Bagikan