Alat Berat Yang Diamankan di Desa Sanglap Diduga Milik CTS

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Taman Nasional Bukittigapuluh (TNBT) berhasil mengamankan satu unit alat berat ekscavator merk Hitachi, Selasa (29/6/2022) kemarin.

Satu unit alat berat jenis Eksapator warna oren tersebut diduga milik inisial CTS, di tangkap sedang beraktifitas di Desa Sanglap Kecamatan Batang Cenaku, masih areal Kawasan Hutan Konfersi ( HPK ).

Benar satu alat berat terlihat di amankan tim Polhut sedang beraktifitas beberapa waktu lalu, namun Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dikerjakan, sebahagian masih areal kebun karet tua bercampur belukar milik warga setempat.

Mungkin satu–satu ada batang kayu besar ditemukan, namun di gunakan untuk buat jembatan untuk kelancaran akses dalam areal yang dikerjakan, bukan dijadikan bahan olahan kayu, ungkap Reno pada awak media Jumat, ( 1/7-2022 ).

Reno mengaku terkejut adanya tim polhut turun mendadak menuju areal di maksud, ternyata untuk mengamankan alat berat yang di maksud, pada hal lahan yang dikelola milik beberapa orang.

“Dan alat berat itu, infonya di pinjam melalui sewa untuk membantu pembersihan lahan, apalagi saat ini tidak bisa membakar,” katanya.

Maklum warga yang tinggal di pelosok ini sambungnya, jika tidak memakai alat, otomatis sulit mengelola diatas lahan yang telah menjadi semak belukar tersebut.

Masih dijelaskan, soal alat berat di pinjam pakai itu digunakan untuk mempercepat proses pengolahan lahan milik warga. Hanya saja tidak tahu areal yang dikelola diatas sebahagian tanaman karet tua tersebut, masih wilayah HPK dan masih jauh dari kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

“Artinya lahan tersebut bukan milik ‘Manahara Napitupulu seperti isu yang berkembang, melainkan membantu warga untuk berkebun,” pungkasnya.

Hal senada diakui Kasat Polhut Riau Ngadiyana yang mengatakan bahwa
penahanan alat berat sedang beraktifitas yang di duga masih wilayah HPK di Desa Sanglap, bukan wilayah TNBT.

Pemilik alat berat jenis Eksapator warna oren tersebut sambung dia, inisial CTS mengakui miliknya dan masih dalam pemeriksaan. Tapi saat ini di titip di halaman Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ( TNBT ) yang berkantor di pinggir Jalan Lintas Timur Desa Sungai Dau Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu.”tutupnya.(man).

  • Bagikan