Bhabinkamtibmas Inspiratif, Aipda Arif Sanjaya Wujudkan Mimpi Warga Miskin Miliki Rumah Layak Huni

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Seorang personil polisi berhati mulia, dengan ikhlas menyisihkan setiap bulan gaji yang ia terima, demi mewujudkan mimpi warga kurang mampu untuk memiliki rumah yang layak huni.

Dia adalah, Aipda Arif Sanjaya Bhabinkamtibmas Desa Pekan Heran, Polsek Rengat Barat, Polres Indragiri Hulu (Inhu,) Riau. Bintara yang akrab disapa Ajay itu, mengaku tergugah ketika melihat kondisi gubuk reot yang dihuni, Juli (37) dan keluarga.

Selain terbuat dari papan yang beratapkan daun rumbia, kondisi gubuk tersebut juga sudah lapuk, bocor dan berlantaikan tanah. Di gubuk itu, Juli tinggal bersama sang isteri, Erni (37) dan tiga orang anaknya yang masih belia.

Mirisnya lagi, ketika hujan turun Juli bersama isteri dan ketiga anaknya, harus rela berkumpul di sisi rumah yang atapnya masih utuh, menanti hujan dari langit reda. Begitulah kehidupan pahit yang terus dilalui oleh keluarga kecil mereka dari masa ke masa.

Melihat kondisi yang memprihatinkan itu, Ajay berinisiatif untuk membedah gubuk reot keluarga Juli menjadi rumah yang layak huni yang terletak di RT 5, RW 3, Dusun Rambahan, Desa Pekan Heran itu.

Gayung bersambut, niat tulus sang Bhabinkamtibmas mendapat perhatian langsung dari Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya S.Ik dan Kapolsek Rengat Barat, Kompol Deni Afrial dan jajaran.

Tidak hanya itu, untuk membantu biaya bedah rumah, beberapa donatur juga turut ambil bagian dalam misi sosial tersebut. Diantara mereka, ada yang menyumbangkan papan, semen, cat tembok, seng dan lain sebagainya.

“Alhamdulilah, dalam waktu lima hari rumah yang kita bedah rampung dikerjakan, dan saat ini Juli dan keluarga sudah bisa menempati rumah yang layak,” ujarnya, Ahad (2/4/2023) malam.

Dijelaskannya, pengerjaan bedah kita mulai pada hari, Senin (27/3) dan selesai pada, Jumat (31/3). Dan ini merupakan buah dari doa yang setiap hari dipanjatkan Juli kepada sang pencipta ‘Allah SWT’.

Atas hal itu, Ajay mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam merealisasikan bedah rumah itu, terutama Kapolres Inhu dan Kapolsek Rengat Barat yang mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Atas nama pribadi dan masyarakat Desa Pekan Heran, sekali lagi saya mengucapakan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung, serta para donatur, kades dan relawan yang membantu bekerja dalam membedah rumah tersebut,” tutur Ajay.

Untuk diketahui lanjut Ajay, saat dirinya bersama warga setempat melakukan pembongkaran rumah sebelumnya, saat itu pula mereka dikejutkan dengan puluhan ekor kala jengking yang bersarang dibawah bongkahan tanah lantai gubuk itu.

“Namun, saat ini rumah yang dibedah tekah selesai dengan ukuran 6×7 meter dengan konstruksi semi permanen,” terangnya.

Bagi masyarakat atau warga yang memiliki kelebihan rezeki, dan hendak memberikan bantuan, juga dapat memberikan bantuan berupa alat perlengkapan tidur dan dapur, karena sampai saat ini mereka belum memiliki itu semua.

Dirinya berharap kesediaan Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya untuk menyerahkan kunci rumah tersebut.

Sementara itu, Juli didampingi Erni isterinya mengaku terharu dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan semua pihak yang telah membantu keluarga mereka, sehingga bisa menempati rumah yang layak.

“Hanya ucapan doa terimakasih yang bisa saya ucapkan. Tanpa Bhabinkamtibmas mungkin hari ini saya bersama keluarga masih tinggal di gubuk reot yang memang tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal. Karena, jangankan untuk membangun rumah, untuk kehidupan sehari-hari saja saya masih kekurangan,” singkatnya dengan mata berkaca-kaca. (man)

 

  • Bagikan