Disperindag Gandeng PosAja! Dalam Membangun Ekosistem Logistik Untuk Para Pelaku IKM di Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kantor Pos Cabang Rengat melalui Ibu Triana Dara Octavia selaku Kepala Kantor Pos Cabang Rengat melakukan kunjungan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rabu (26/10/2022).

Kedatangan Kepala Kantor Pos Cabang Rengat bersama stafnya ini disambut langsung oleh Plt. Kepala Dinas (Kadis) Perindag Inhu Aldhy Akbar SE yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Sutarama Admaja dan Penyuluh Indag Defi Suyenti.

Kunjungan tersebut guna mendiskusikan tentang permasalahan yang dialami oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), salah satunya adalah terkait permasalahan jasa distribusi produk hasil olahan IKM.

Bagaimana sistem Pengiriman logistik dari tempat produksi IKM ke gedung promosi serta dapat dikirimkan ke wilayah seluruh Indonesia dengan mudah dan kemasan yang aman.

Dalam pertemuan tersebut Aldhy Akbar juga menjelaskan kondisi yang dialami selama ini oleh pelaku IKM yang ada di Inhu dimana belum mempunyai sistem distribusi barang yang teratur dan fasilitas transportasi yang belum memadai serta modal biaya untuk pendistribusian juga cukup besar.

“Kondisi ini yang menjadi salah satu kendala apabila ada pemesanan dari luar daerah,” ungkapnya.

Untuk itu diharapkan PT POS kedepannya mampu memfasilitasi kebutuhan distribusi produk IKM dan memberikan pelayanan terintegrasi kedalam sebuah sistem bernama TUAH IKM yang sedang dirancang dan dibangun oleh Tim Bidang Perindustrian yang nantinya akan menjadi program inovasi dari Disperindag Inhu.

Sejalan dengan itu, maka PT POS Indonesia (Persero) melalui Kantor Pos Cabang Rengat akan memberikan kemudahan bagi pelaku IKM dalam permasalahan distribusi tersebut.

“Hal ini dikarenakan pas sekali dimana PT POS memiliki program-program yang bisa memudahkan para produsen, diantaranya program ORANGER TOKO,” terangnya.

Dimana nantinya para pelaku yang tergabung di TUAH IKM akan mendapatkan cashback dari ongkos pengiriman.

“Program ini diharapkan dapat menambah modal usaha para pelaku IKM khususnya di kabupaten Inhu,” ucap Kepala Cabang POS Rengat yang akrab disapa bu Via

Selain itu kantor pos juga dapat melayani pengiriman barang bagi produk IKM dalam jumlah banyak dan berukuran besar dengan tarif yang sangat terjangkau dan ada juga program GRATIS PICK UP untuk produk-produk IKM.

“Tentu ini sangat memudahkan bagi sahabat TUAH IKM karena tidak perlu repot untuk mengantarkan produknya ke Kantor pos,” sambungnya.

“Selain itu kami juga menyediakan box (packing) untuk membantu para IKM dalam mengemas produk-produk mereka dengan brand kami yaitu PosAja!,” sambungnya lagi.

Kedua belah pihak berharap pertemuan ini bisa dilanjutkan dengan MOU untuk kerjasama dalam hal promosi, pemasaran dan pengiriman produk IKM Inhu menggunakan layanan jasa PT POS INDONESIA (Persero).

Selain itu PT POS Indonesia (Persero) ingin ikut serta menjadi bagian dalam pembangunan sistem aplikasi TUAH IKM yang dalam pengembangan sistemnya nanti dapat memfasilitasi pengiriman produk-produk TUAH IKM melalui website tersebut dan akan langsung terhubung dengan system PosAja!.

“Sehingga memudahkan pelanggan dalam berbelanja karena akan langsung muncul biaya ongkos kirim,” ujarnya.

Diakhir pertemuan Bu Via berharap Semoga dengan hadirnya PosAja! dapat membantu memasarkan dan mengirimkan produk-produk pelaku IKM khususnya di Inhu agar lebih dikenal didaerah lain yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian para pelaku IKM itu sendiri.

“Ataupun dapat memunculkan pelaku IKM yang baru karena Kabupaten Inhu sudah mempunyai gedung promosi sebagai sarana untuk memasarkan produk-produk khas daerah,” tutupnya. (man)

  • Bagikan