Struktur Bangunan Tua Diduga Bungker Zaman Belanda 

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Struktur bangunan yang ditemukan warga di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diduga adalah Bungker (Tempat Berlindung) dari serangan musuh.

Pernyataan ini disampaikan oleh Saharan Kordinator Pelestari Cagar Budaya yang juga pemerhati sejarah kabupaten Inhu minggu (3/6/2018).

Saharan juga mengatakan bahwa yang ditemukan tersebut diduga merupakan struktur cagar budaya peninggalan (warisan) kolonial Belanda atau Jepang, mengingat wilayah kabupaten Inhu pernah dijajah oleh kedua negara tersebut.

“Untuk mengetahui nilai histoiris dari Struktur tersebut perlu dialakukan langkah-langkah perlindungan dan pelestarian,” sambungnya.

Adapun tahapan dilakukan adalah inventarisasi cagar budaya dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten seperti Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

“Selanjutnya dilakukan Identivikasi dan registrasi, untuk dilakukan kajian atau penelitian arkeologi, hal ini untuk mengetahui umur, masa, fungsi, nilai kesejarahan dan arkeologinya,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, hal ini karena ditemukannya struktur ini merupakan bagian dari kesatuan benda-benda lain yeng menjadi sebuah kawasan sebaran kosa budaya sejarah kolonial tersebut.

“Jadi untuk sementara temuan tersebut merupakan Bungker (Tempat Berlindung) dari serangan musuh, hal ini dibuktikan dengan adanya menara yang diduga sebagai menara pengintai,” singkatnya. (Man)

  • Bagikan