BPN Serahkan 3400 Sertifikat Program PTSL Bagi Warga 5 Desa di Rohul

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROHUL – Pemerintah Kabupaten Rohul menghimbau, agarvmasyarakat memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Atau Program Nasional Agraria (Prona) dari KementrianvATR/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Program PTSL‎ yang tengah digalakkan Pemerintah Pusat, sangat membantu dan menyentuh langsung kepada masyarakat dalam mendapatkan kepastian hukum terhadap sertifikat kepemilikan lahan atau tanah.

Itu diungkapkan Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi mewakili Bupati Rohul H Sukiman saat hadiri penyerahan 3.400 sertifikat Tanah Program PTSL untuk 5 desa di Lapangan Syuhada,
Kecamatan Ujung Batu, Selasa (22/1/2019).

Jelas sekda lagi, pemerintah daerah mendukung pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Rohul, karena dinilai sangat membantu masyarakat, sebab pelaksanaan program PTSL gratis untuk penerbitan sertifikat hak atas tanah.

Bila lahan yang sudah terbit sertifikatnya, selain berdampak pada kenaikan harga jual tanah atau lahan, juga lahan masyarakat terdaftar dan memiliki legalitas kepemilikan yang sah dan terhindar dari persoalan konflik lahan.

“Saya himbau dari sekarang, agar masyarakat dapat melengkapi dokumen persyaratan yang wajib dilampirkan dalam pendaftaran tanah atau penerbitan sertifikat hak atas tanah yang telah ditetapkan BPN. Karena tahun ini target BPN Rohul ada 20 ribu bidang tanah yang mendapat
program PTSL,’’ ujarnya.

Dirinya minta ke para kepala desa (Kades) beserta perangkat desa dan Lurah se Kabupaten Rohul untuk tidak melakukan praktik pungutan liar (Pungli) ke masyarakat yang mengikuti program PTSL.

Karena untuk mendapatkan Sertifikat Hak milik program PTSL, masyarakat tetap dikenakan ‎biaya, seperti pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah (BPHTB). Sebab BPHTB itu, merupakan biaya pajak yang dibebankan ke pribadi atau badan yang dapatkan perolehan hak
atas tanah dan atau bangunan dari suatu perbuatan atau peristiwa hukum jual beli.

“Berharap para camat, Lurah dan kades, sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan dan mensukseskan program PTSL di Rohul, sehingga target dari program PTSL yang direncanakan dapat terealisasi dengan maksimal,’’ jelasnya.
Haris menjelaskan, banyak manfaat yang didapatkan masyarakat Rohul, jika program ini berjalan dengan sukses. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena aset tanah mereka yang telah bersertifikat, dapat lebih bernilai.

Sekda menjelaskan, Pemkab Rohul mendukung pencanangan eksternal pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK), dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang telah dibuat oleh BPN Rohul.

’Berharap kerjasama BPN dengan Pemkab Rohul semakin ditingkatkan, dalam rangka membantu masyarakat untuk melegalitaskan lahan atau masyarakat yang ada di Rohul melalui program PTSL,’’ tambahnya.

Kakanwil BPN Riau Lukman Hakim didampingi Kepala BPN Rohul Tarbarita Simorangkir SSiT MH menyebutkan, dalam sambutannya mengaku bangga kepada BPN Rohul ‎yang jadi Kantor BPN pertama di Riau, yang membuat pencanangan eksternal pembangunan zona integritas
menuju WBK dan WBBM.

Dengan telah di canangkanya eksternal pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di BPN Rohul, tentunya ini harus diselaraskan dengan pelayanan yang diberikan.

‘’Kita harus rubah pandangan masyarakat, katanya sulit untuk mengurus sertifikat tanah dan lainya, nah disini kita tunjukan bahwa itu tidak benar, selama persyaratannya sudah terpenuhi, maka sertifikat bisa segera diterbitkan, seperti yang kita serahkan hari ini kepada masyarakat,” ucapnya.(ADV/ Pemkab Rohul).

  • Bagikan