Bupati Resmikan BUMDesa Mart dan Kantor Bhabinkamtibmas di Pasir Indah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Pada Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Pasir Indah, Kecamatan Kunto Darussalam, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, resmikan pamfaatan unit usaha BUMDesa Mart Mitra Mandiri dan Kantor Bhabinkamtibmas Desa Pasir Indah, Minggu (23/2/2020).

Delain peresmian BUMDesa Mart Mitra Mandiri, Bupati Sukiman juga resikan kantor Bhabinkamtibmas ditandai penguntingan pita oleh Bupati Rohul H. Sukiman.

Usai meresmikan BUMDesa Mart, Bupati Sukiman meninjau langsung barang dagangan yang dijual di BUMDesa Mart Mitra Mandiri.

Kepala Desa Indah Maun Kusmawanto berterima kasih ke Bupati Rohul, atas kunker pertama kalinya ke Desa Pasir Indah. Dengan kedatangan orang nomor satu di Rohul itu di Desanya, Maun Kusmawanto menaruh harapan besar untuk pembangunan di Desa Pasir Indah.

“Dengan kedatangan Bupati Rohul, banyak yang kami harapkan untuk pembangunan desa, baik pengaspalan jalan maupun dibidang pendiidkan dan perkebunan,” katanya

Jelas Kuswanto, yang dirasakan masyarakat menjadi beban dan tanggungjawab Pemerintah Desa bagaimana jalan ke ddsa meteka bisa diaspal, dengan harapan masyarakat lebih mudah mengakses jalan tersebut, jalan itu panjangnya 5KM diaspal aja 1 KM kami sudah bersyukur,” tambahnya

Lanjut Maun Kusmawanto, tujuan didirikannya BUMDesa Mart Mitra Mandiri guna memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pasar retail lainnya. Tentunya BUMDesa Mart ini dikelola secara profesional, agar meraih keuntungan untuk menambah PADes.

“BUMDesa Mart ini kita kelola secara transparan dan profesional, maksud profesional ini kita sesuai dengan kebutuhan masyarakat harganya lebih murah. Bumdesa ini bergerak dibidang unit usaha Simpan pinjam dan Bumdes Mart,” ujarnya

Tahun 2020 sebut Maun Kusmawanto, akan menambah unit usaha dibidang unit alat pertanian dan perkebunan. Intinya mereka komit bersama-sama meningkatkan PADEs kita dengan harapan kedepannya menjadikan desa mandiri, potensi dan fondasi yang kuat.

Kemudian kantor Bhabinkamtibmas (Satlinmas) yang sudah diresmikan Bupati Sukiman, Maun Kusmawanto mengaku bahwa tujuan dibangun Kantor Bhabinkamtibmas untuk memberikan rasa aman dan ketertiban dimasyarakat.

“Kantor Bhabinkamtibmas dibangun dari dana Desa Tahun 2019 dengan pagu anggaran Rp88.495.800. Berharap dengan adanya kantor Bhabinkamtibmas dan Satlinmas ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada petugas keamanan, sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat,” harap Maun

Bupati  Sukiman mengucapkan apresiasi dan selamat kepada Pengurus BUMDesa Mitra Mandiri, mulai dari Kades, Pengurus Bumdes dan masyarakat, karena berkat kerjasama semua pihak untuk memajukan Bumdesa tersebut.

“BUMdesa ini patut kita berbangga, karena seluruh pihak saling bekerjasama dengan baik untk memajukan Bumdes ini, bagaimana tidak modal awal hanya 450 juta sekarang perguliran dananya hampir 2,5 Milyar. Dengan SHU tahun 2019 Rp154.961.000. Ini bukti Peminjam dan pengurusnya berlaku jujur,” kata Bupati Sukiman

Bupati Sukiman mengaku bangga dengan berdirinya BUMDesa Mart, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Unit usaha membuka BUMDesa Mart ini bagus sekali, saya berpesan ke pengurus Bumdes agar benar-benar berupaya dengan baik agar usaha baru ini semakin menambah keuntungan Bumdes. Oleh karena itu, saya mengajak kepada pengurus agar terus berinovasi untuk memajukan perekonomian masyarakat dipedesaan dengan memanfaatkan potensi yang ada,” kata Sukiman

Tambah Sukiman, dengan telah diresmikannya Kantor Bhabinkamtibmas, bisa difungsikan dengan baik, dengan harapan dapat mewujudkan Keamanan, ketertiban dan kenyamanan di Desa Pasir Indah.

“Kita juga sudah resmikan kantor Bhabinkamtibmas, agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban didesa ini. Mudah-mudahan dengan adanya kantor ini difungsikan dengan baik, sehingga masyarakat di desa Pasir Indah  dapat menikmati rasa aman, damai dan tertib perlu sekali,” ujarnya

“Mudah-mudahan dengan dibangun dan diremikannya kantor Bhabinkamtibmas ini semoga bermanfaat bagi Polsek Kunto Darussalam dan masyarakat Desa Pasir Indah,” harapnya.(Adv/Pemkab Rokan Hulu).

  • Bagikan