Sukiman ; Pemkab Komit Bangun Infrastruktur Jalan Tingkatkan Ekonomi Rakyat

  • Bagikan
Bupati Rohul H.Sukiman, menghadiri MPTB Sinar Gemilang, Pengajian Akbar dan Istighosah Dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Desa Kepemuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu.

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H.Sukiman, lakuka kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Jum’at (6/3/2020), seklaigus menghadiir Musyawarah Pertaggungjawaban Bumdesa (MPTB) Sinar Gemilang juga Pengajian Akbar dan Istighosah Dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Turut hadir, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Perwakilan Dinas PMPD Rohul H. Emsar S.Sos, Camat Kepenuhan Hulu Agus Salim S.Sos, Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng, Direktur Bumdesa Sinar Gemilang dan ratusan masyarakat Kepenuhan Jaya.

Pjs Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng berterima kasih ke Bupati Rohul H. Sukiman, yang sudah berkenan hadir dikegiatan tersebut dan menyerap aspirasi masyarakat terkait sejumlah Pembangunan yang menjadi skala prioritas.

“Terima kasih kepada masyarakat kita yang antusias menyambut Bupati, semoga aspirasi dan harapan masyarakat terkait pembangunan bisa terealisasi dengan kahadirwn bupati,” katanya

Dihadapan, Plt Kades Kepenuhan Jaya Sugeng menyampaikan aspirasi masyarakat terkait harapan pembanguan insfrastruktur jalan aspal, karena jalan ini sebagai akses melancarkan transportasi untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

“Sebenarnya masyarakat Kepenuhan Jaya mengharapakan Pemkab membangun jalan aspal, ini lah harapan masyarakat karena jalan ini rusak, biaya atau cost yang dikeluar petani akan semakin tinggi, karena disini notabene masyarakatnya berkebun sawit,” tambah Sugeng

Sugeng mengaku, Pemkab sudah anyak berbuat untuk Desa Kepenuhan Jaya, baik disektor Infrastruktur, Pendidikan, Keagamaan, Sosial kemasyarakatan dan lainnya.

“Kita kemarin hanya tertinggal dalam mis komunikasi, tapi kini sudah mulai normal, harapan saya bersama Pemkab dan masyarakat harus bersatu untuk Rohul maju,” harapnya

Di aporan MPTB Bumdesa Sinar Gemilang tahun Buku 2019, Bumdesa yang berdiri sejak tahun 2012 dengan modal awal Rp300 juta, kini berkembang dana perguliran mencapai Rp 3.120.803.850 dengan masyarakat pemanfaat 257 orang.

“Tahun 2019 kita mendapat bantuan keuangan dari provinsi  Riau Rp150 juta, insya Allah nanti digunakan membuka usaha baru dibidang Gas LPG bersubsidi untuk masyarakat,” jelasnya

Ditambahkan Sugeng, bahwa PADes mendapat Rp150 juta, yang diarahkan untuk usaha gas LPG dan BRI Link, tujuannya membantu masyarakat yang sering mengeluh membeli gas LPG dengan harga mahal,’  kata Sugeng menambahkan.

Sikapi permintaan aspirasi masyarakat, Bupati Sukiman berkomitmen, merealisasikan aspirasi masyarakat Kepenuhan Jaya dalam pembangunan jalan aspal,  karena salah satu prioritas pembangunan di bawah kepemimpinannya disektor pembangunan infrastruktur jalan dalam konsep “Membangun Desa Menata Kota”, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Percepatan pembangunan jalan ini telah dimulai dimasa kepemimpinan saya saat ini, kita berupaya membangun jalan tahun ini menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, pembangunan wilayah pedesaan selama ini kita prioritaskan,” ucap Sukiman

Bupati juga mengaku, untuk membangun infrastruktur jalan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, apalagi postur APBD Rohul terbatas, maka pembangunan di 139 Desa, 20 Desa persiapan dan 3 Desa Eks Transmigrasi, infrastruktur jalan dibangun secara merata tanpa adanya perbedaan suku, ras dan agama.

“Ini menunjukkan komitmen kita dalam mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat . Kita komitmen membangun kampung halaman yang kita cintai ini dengan penuh kekompakan dan kebersamaan,” terangnya

Bupati Sukiman juga mengapresiasi Pengelolaan BUMDesa Sinar Gemilang Desa Kepenuhan Jaya, pasalnya dari hasil SHU dan perguliran dana mencapai peningkatan, sehinga berkontribusi untuk PADes dan membantu masyarakat kurang mampu.

“Kita harapkan masyarakat dan pengurus Bumdes jalin kerjasama yang baik antara pengurus dan bapak/ibu semuanya, karena kebersamaan kita akan lebih maju, saya minta pak Sugeng benahi terus Desa ini, sehingga desa ini lebih maju dan sejahtera,” pintanya.

Dikegiatan itu, Bupati juga memberikan bantuan untuk penyelanggaraan Pengajian Akbar dan Istighosah senilai Rp5 juta. Bupati Sukiman juga meminta ke Kepala Desa membuat proposal pembangunan Masjid Kepenuhan Jaya, karena untuk bantuan dana hibah harus sesuai dengan Proposal dan aturan yang berlaku, agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

  • Bagikan