Pemkab Rohul Peringati Nuzul Quran di Masjid Islamic Centre

  • Bagikan
Bupati H. Sukiman memberikan Al-Qur'an kepada Ketua MAMIC Pasirpengaraian H Zulyadaini

RIAUDETIL.COM,PASIR PENGARAIAN – Peringatan Nuzulul Quran, 17 Ramadan 1439 H Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasirpengaraian, Sabtu (2/6) malam. Acara ini dihadiri ribuan jamaah yang terdiri dari masyarakat dan para pegawai di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

Bupati Sukiman menyebutkan, momentum peringatan Nuzul Quran pada malam 17 Ramadan 1439 H di Rokan Hulu, harus dijadikan masyarakat sebagai sarana untuk lebih meningkatkan membacara alquran. Tidak saja menghafal, tapi berusaha untuk memahami isi dari kandungan Alquran sebagai pedoman hidup sehari-hari.

‘’Peringatan Nuzulul Quran merupakan media silaturahim dan interaksi dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari,’’ ungkap Bupati Sukiman.

Diakuinya, setiap hari masyarakat muslim membaca Alquran sebagai bentuk ibadah kepada sang khalik, karena itu juga menjadi bagian dari interaksi kepada Allah SWT.

Saipul menjelaskan, sebagai bentuk komitmen Pemkab Rokan Hulu dalam pengembangan bacaan Alquran, pada setiap kunjungan safari Ramadan Pemkab Rokan Hulu ke kecamatan, senantiasa menyerahkan puluhan Alquran yang dilengkapi tafsir ke massjid besar kecamatan.

“Artinya jamaah atau masyarakat tidak hanya membaca alquran, tetapi bisa memahami isi alquran. Momentum Nuzulul Quran, kembali kepada alquran. Apapun perjalanan kehidupan ini semuanya ada di dalam alquran.” tambahnya.

Pemkab Rohul sejak awal berdirinya Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasirpengaraian sudah mencanangkan magrib mengaji, program menghafal alquran dan saat ini sudah berdiri pula Institut Sains Alquran. Artinya upaya pemerintah daerah betul-betul memberikan pemahaman kepada masyarakat harus berpedoman pada alquran.

“Bila program magrib mengaji sudah menggema di seluruh Rokan Hulu, lalu anak didik ditingkatkan menghafal dilanjutkan tahapan memahami isi alquran, akan banyak “Alquran-alquran” yang berjalan di negeri seribu suluk.

Dr H Mustafa Umar dalam tausyiahnya menjelaskan tentang turunnya Alquran dan kandungan isi Alquran. Dia mengajak jamaah untuk mengamalkannya dalam jiwa, Alquran harus bisa menjadi pedoman bagi umat muslim dalam kehidupan sehari-hari.(***)

  • Bagikan