Dinilai Membahayakan, Dishub Inhu Minta Mobil Angkutan Batubara Tidak Parkir di Marka Jalan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Banyaknya mobil angkutan batu bara yang parkir dipinggir-pinggir jalan baik disepanjang jalan rengat – tembilahan dan jalan lainnya seperti jalan batu canai Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dinilai sangat membahayakan.

Hal ini dikarenakan mobil-mobil tersebut parkir dalam keadaan berisi, terlebih lagi mobil tersebut parkir sangat lama bisa berhari-hari.

“Mobil tersebut bermuatan batu bara, parkir dipinggir jalan berhari-hari, apa ini tidak membahayakan,” kata warga kepada media ini, Kamis (2/5/2024).

Terlebih lagi ada yang parkir di Jalan Batu Canai, itukan jalan kabupaten bukan kelasnya mobi batu bara untuk melintas di jalan tersebut, terlebih lagi kalau parkir lama-lama tentu akan membahayakan warga yang ada disekitar jalan.

“Untuk itu kita masyarakat meminta kepada dinas terkait untuk menindak lanjuti hal ini, sebelum hal yang buruk terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Inhu ketika dikonfirmasi melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Agustian membenarkan adanya laporan terkait banyaknya mobil angkutan batu bara yang parkir di marka jalan.

Agus mengakui ini sangat menggangu dan membahayakan warga yang ada disekitar lokasi, untuk itu pihaknya sudah memberitahukan hal ini kepada para pengusaha agar melarang supirnya parkir menggunakan marka jalan.

“Kita sudah menyurati pengusaha batu bara agar memberitahukan kepada para sopirnya agar tidak parkir di marka jalan karena ini sangat membahayakan,” terangnya.

Bahkan pihaknya juga sudah melakukan sidak langsung ke lokasi untuk melakukan penertiban, namun tidak menjumpai para sopir tersebut, mobilnya parkir dalam keadaan terkunci dan kosong.

“Untuk itu saya sekali lagi menghimbau kepada para supir angkutan batu bara untuk tidak parkir di marka jalan terlebih lagi di jalan kabupaten yang bukan jalan yang dilintasi mobil angkutan batu bara,” tutupnya. (man)

  • Bagikan