401 JCH Pelalawan Dalam Kondisi Sehat Bersiap Wukuf di Padang Arafah

  • Bagikan

Pelalawan,Riaudetil.com – Hingga saat ini sebanyak 401 Jama’ah Calon Haji (JCH) dang berada di Mekah dan sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi puncak haji yakni Wukuf di Padang Arafah. Dijadwalkan JCH Pelalawan akan beerangkat k‎e Arafah pada Rabu (30/8/2017) mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama HM,Rais,M.PdI kepada Riaudtil.com, Senin (28/8/2017). Menurutnya, pada Kamis (31/8/2017) Jama’ah Haji akan melaksanakan Wukuf di Padang Arafah. 
” Wukuf adalah berdiam diri di padang Arafah sejak mulai tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbitnya fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah. Wukuf ini merupakan salah satu rukun haji yang paling utama.‎Wukuf dilakukan setelah khutbah dan shalat Jama’ Qashar taqdim Dzuhur dan Ashar. Wukuf dapat dilaksanakan dengan berjamaah atau diri sendiri. Selama wukuf perbanyaklah Dzikir, Istigfar dan Do’a. Itu sesuai dengan Sunah rasulullah SAW.Ibadah ini tidak bisa diganti bahkan bagi yang sakit diantar dengan ambulance.Pada umumnya jama’ah tidak melakukan wukuf sampai pagi hari, tetapi mengambil waktu siang hari tanggal 9 Dzulhijjah dan sebagian malam tanggal 10 Dzulhijjah setelah shalat maghrib dan isya secara jama’ menggabungkan dua waktu shalat‎,” paparnya. 

Dilanjutkan HM.Rais,setelah wukuf di padang arafah JCH akan menuju ke Muzdalifah untuk mengambil batu dan menunggu bis untuk ke Mina persiapan melempar jumrah tanggal 1,2 dan 3 September 2017. 

” Kita berharap JCH Pelalawan tetap dalam kondisi sehat walafiat dalam menjalankan ibadah,” ujarnya.

Untuk kepulangan JCH Pelalawan,sambung HM.Rais, pihaknya akan melakukan Rapat bersama dengan Kanwil Kemenag Riau. ” Dalam Jadwal JCH Pelalawan kloter 6 akan pulang ke tanah air pada tanggal 14 September mendatang dan tiba di Pangkalan Kerinci pada tanggal 15 September.Untuk kloter 7 pulang ketanah air tanggal 15 dan tiba di Pangkalan Kerinci pada tanggal 16 September mendatang,” tukasnya. 

Sementara itu, informasi yang didapatRIaudetil.com dari petugas Haji Kabag Kesra Setdakab Pelalawan Akmamul Hadi melalui WA nya dari Mekah bahwa kondisi JCH Pelalawan dalam kondisi sehat walafiat. ” Ya Kita bersiap untuk menghadapi puncak haji.Rabu  tanggal 30‎ September Kita akan menuju Arafah,” ungkapnya. (ZoelGomes) ‎

  • Bagikan