Bupati Harris Harris Hadiri Giat Pro Kasih Kelurahan Kerinci Timur, Wujud Keseriusan Capaian Target Adipura Kota Pangkalan Kerinci

  • Bagikan

Pangkalan Kerinci,riaudetil.com – Bupati Pelalawan HM. Harris pada Kamis (15/3/2018) menghadiri kegiatan Program Kamis Bersih (Pro Kasih) Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur yang dipimpin Edi Arifin S.Sos, MSi bertempat di halaman Kantor Lurah Pangkalan Kerinci Timur.

Bupati Pelalawan HM.Harris dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan dibawah kepemimpinan Syamsul Anwar, SH. MH yang telah mencanangkan Pro Kasih dan kepada para Camat dan lurah atas terlaksananya program Kamis Bersih

Lebih lanjut dikatakan Bupati, saat ini banyaknya pemotongan anggaran di Dinas dan kecamatan,namun Bupati memastikan khusus anggaran untuk Kesehatan dan Pendidikan tidak ada pemotongan anggaran.Bupati berharap kepada masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan khususnya tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadinya banjir apalagi saat ini musim hujan

“Maka saya berharap marilah kita membuang sampah pada tempatnya juga membuka saluran air yang tergenang di lingkungan masing masing karena itu dapat menyebabkan Penyakit  “ucapnya.

Bupati mendukung penuh langkah DLH Pelalawan melalui program pro kasih guna capaian target adipura kota pangkalan kerinci. Namun Bupati meminta agar pro kasih juga dilaksanakan secara rutin diseluruh kecamatan.

Sementara itu, Lurah Pangkalan Kerinci Timur Edi Arifin,S.Sos.M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah salah bentuk program kerja nyata dan juga salah satu program Bupati Pelalawan dalam program pelalawan Sehat juga bersempena dengan hari sampah sedunia.Lurah juga menyampaikan program wujud nyata pemerintah Pelalawan dalam program pelalawan Sehat adalah telah dibentuknya pos yandu di lingkungan Kerinci Timur sebanyak 18 pos yandu

“Kalau kita hidup sehat, maka pasti masyarakat aman ,beriman dan sejahtera.Program Prokasih ini merupakan program yang sudah kita rencanakan bersama Camat, Lurah dan Kepala desa se kecamatan Pangkalan Kerinci untuk setiap hari kamis, seluruh masyarakat kecamatan pangkalan kerinci pada setiap hari Kamis harus bersih,”kata Edi Arifin.

Disampaikannya lagi, substansi dari kegiatan pro kasih ini adalah mengajak masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan serta begitu serius menjaga kesehatan. ” Kerapian dan kebersihan lingkungan itu sangat penting, dan itu juga menjadi cerminan masyarakat yang ada di lingkungan tersebut, sehingga selalu kita mendengar adanya motto ” Kebersihan pangkal kesehatan “tambah nya.

Sempena kegiatan porkasi,lurah mengajak semua komponen masyarakat khusus dikelurahannya, untuk mendukung dan mengikuti kegiatan ini nanti nya. “Ya, kita juga sudah menyurati semua RT dan RW untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan mengajak masyarakat lainnya”‘ujarnya Edi Arifin.

Kepala DLH Pelalawan Syamsul Anwar, SH. MH disela sela kegiatan menyebutkan pihaknya akan mendorong seluruh kecamatan untuk menggelar dan menghidupkan pro kasih untuk lingkungan yang sehat dan bersih.

” Ya besok tim pemantau tahap II adipura akan malakukam penilaian untuk Kota Pangkalan Kerinci. Kita selalu optimis akan lolos pemantauan tahap II dan lolos verifikasi akhir dan akan mencapai target Adipura. Pro Kasih ini juga dicanangkan sempena memperingati Hari Sampah dunia,” ujarnya.

Bupati Harris berkesempatan langsung melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan lintas yg ada di Kelurahan Kerinci Timur serta di lokasi perkantoran Lurah Timur .Adapun kegiatan tersebut meliputi Senam Sehat,Penanaman Pohon dan gotong royong massal. Selain itu juga pemeriksaan kesehatan dan IVA Test dari Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci.(Zoelgomes)

  • Bagikan