Karang Taruna Kelurahan Pelalawan Komit Bangkitkan Seni Budaya dan Permainan Rakyat, Pemkab Diminta Peduli

  • Bagikan

Pelalawan,  riaudetil. com – Karang Taruna Kelurahan Pelalawan hingga saat ini giat – giatnya menghidupkan dan membangkitkan kembali kepedulian masyarakat dengan nilai sejarah dan budaya Kabupaten Pelalawan mengingat keberadaan Istana Sayap yang kaya akan sejarah berada di Kelurahan Pelalawan Kecamatan Pelalawan.

Adapun upaya membangkitkan nilai sejarah Kerajaan Pelalawan yakni menggelar kesenian budaya dan permainan rakyat ditengah – tengah masyarakat berlokasi diareal lingkungan Istana Sayap. Kesenian budaya yang digelar berupa tarian dan drama. Sementara permainan rakyat seperti gasing, patok lele dan sebagainya.

Demikian disampaikan Ketua Karang Taruna Kelurahan Pelalawan Syafri kepada riaudetil. com baru – baru ini. Menurutnya, nama Pelalawan yang dikenal sebagai kampung Nama Pelalawan yang dikenal sebagai kampung sejarah tak bisa dipinggirkan begitu saja dari peradaban yang begitu pesat saat ini dengan keberadaan istana dan bukti peninggalan-peninggalan yang bersejarah.

” Nilai budaya dan sejarah yang sudah mulai kurang dipahami oleh kaum muda, membuat Ketua Krang Taruna Kelurahan Pelalawan beserta anggotanya memutar otak agar kaum muda mudi kembali peduli dengan nilai sejarah dan budaya serta permainan tradisional yang sudah hampir punah ditelan peradaban serta teknologi digital yang begiti menggoda.
Ketua Karang Taruna Kelurahan Pelalawan Syafri, melalui via WA mengatakan pihaknya akan terus membangkitkan kembali hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya di kelurahan pelalawan,” ungkapnya.

Dikatakan Syafri, upaya melestarikan seni budaya dan permainan rakyat yang dilakukan Karang Taruna Kelurahan Pelalawan bentuk kekhawatiran akan tergerusnya budaya asli daerah dengan budaya asing.

” Selain itu, Kita ingin kembali membesarkan kampung yang syarat sejarah ini melalui Istana Sayap. Sehingga wisata Istana Sayap semakin hidup dan dikenal orang banyak dan para pengunjung semakin ramai guna meri tau sejarah Istana Sayap ini,” ucapnya.

Syafri juga berharap Dinas terkait bisa membantu kegiatan yang diselenggarakan pihaknya.Dinas Pariwisata mohon kiranya membantu kami pemuda pelalawan dalam hal untuk memajukan pengembangan wisata istana sayap agar tercipta keramaian istana sayap pelalawan ini.

Syafri juga berharap kepada kelompok sadar wisata mendukung kegiatan yang mereka gelar.

“Apa yang kami lakukan selama ini semua untuk kampung Kita, untuk itu hendaknya semua pihak bisa mendukung terutama kelompok sadarwisata kelurahan pelalawan, baik itu dari segi pendanaan maupun dari segi dukungan moril, jika dana pribadi ataupun kas karang taruna, kami hanya bisa lakukan semampu kami saja, “tegas Syafri.(ZoelGomes)

  • Bagikan