Kecewa Perda PDTA Tak Terealisasi Saat PPDB di Pelalawan, Ketua Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah Angkat Bicara 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Meski Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Diniyah Ta’miliyah Awaliyah (PDTA) yang dulunya disebut Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA)  telah disahkan pada tahun 2016 silam namun kenyataannya pada tahun 2017 dan 2018 tak diterapkan terutama soal kewajiban menyertai atau melampirkan ijazah PDTA/MDA bagi siswa SD yang akan masuk ke tingkat SMP
Demikian disampaikan Jumaidi Ketua Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah Kabupaten Pelalawan kepada riaudetil.com, Kamis (1/2/2019).Menurutnya, keseriusan Pemkab Pelalawan dalam mengeksekusi Perda di Dinas Pendidikan (Disdik).
” Selama ini Pendaftaran Peserta didik Baru Kita lakukan cross cek kesekolah – sekolah dan melakukan komunikasi dengan UPTD Disdik,ternyata tidak ada sekolah yang melampirkan syarat wajib ijazah PDTA/MDA untuk masuk ke SMP. Alasan sekolah tidak adanya surat edaran dari Dinas Pendidikan, ” papar Jumaidi.
Diakuinya, dirinya sempat mempertanyakan hal ini dengan Disdik dan Kemenag Pelalawan namun hingga saat ini belum mendapatkan jawaban atas permasalahan ini.
” Kita tentu meminta keseriusan Pemkab Pelalawan dalam penerapan perda PDTA. Kita ini dibahas secara seksama sehingga mendapatkan kepastian untuk langkah kedepannya,” ujarnya.
Jumaidi tak menampik banyaknya masyarakat yang melapor bahwa ijazah PDTA/MDA tak jadi syarat wajib masuk SMP.
” PDTA ini kan dulunya MDA yang dimulai diberlakukan dari anak duduk di kelas 2 SD hinggan kelas 5 SD akhir selama 4 tahun. Namun anehnya Perdanya ada namun penerapannya tak jelas, ” bebernya.
Jumaidi menyebutkan bahwa perda PDTA bertujuan untuk mengentaskan buta aksara Al – Quran di Pelalawan dan mendalami agama Islam sejak dini.
” Tujuannya jelas namun kalau penerapannya tak jelas untuk apa ada perdanya.Perda PDTA inikan beda dengan Perda Maghrib mengaji.Kita berharap untuk Penerimaan siswa baru tahun ajaran baru nanti oerda PDTA harus diterapkan diseluruh sekolah di Kabupaten Pelalawan, ” tukasnya. (ZoelGomes)
  • Bagikan