Ketinggian Air Hingga 1,5 meter,  Warga Tepian Koridor RAPP Mulai Mengungsi. Ratusan KK Menyusul 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Debit air sungai kampar di Kabupaten Pelalawan mulai naik,akibatnya puluhan KK mulai mengungsi.Pasalnya air sudah masuk kerumah dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.
Pantauan riaudetil. com bersama anggota DPRD Pelalawan H. Abdullah, S. Pd di km 8 koridor RAPP tepatnya di RT 05,tampak warga sudah mulai memadati tenda yang dipasang pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan.
Amran Ketua RT 05 kepada riaudetil. com menyampaikan. Ketinggian air dimulai pada Rabu (12/12/2018) malam sekira pukul 23.00 wib.Namin warga masih bertahan dengan berbagai cara untuk tetap menetap dirumah. Namun sore hari ini,Kamis (13/12/2018) air sudah bertambah tinggi.
” Ketinggian air yang masuk hingga jerumah bervariasi .ada yang sudah sebahu,selutut dan ada yang baru mulai masuk.Masih banyak yang bertahan dirumahnya sekarang. Ditenda ini ada 22 KK. Kalau bayi sudah diungsikan ke KM 5.Kalau keatas lagi di KM 10 juga sudah dipasang tenda dijalan mengantisipasi warga perumahan sosial sekira 100 KK yang akan mengungsi.Pasti akan menyusul karena air semakin tinggi apalagi info puncak ketinggian air 3 hari kedepan, ” ujarnya.
Amran menyampaikan, pihak Diskessos Pelalawan telah menyerahkan bantuan untuk makan seperti beras, mie instans dan sebagainya.” Kita butuh tenda lagi karena masyarakat cepat atau lambat pasti akan mengungsi. Abang liatkan ketinggian air dan limpahan air di koridor kanan ke koridor kiri dikm 7.Kalau disini Kita masih butuh pemotong rumput karena dikhawatirkan binatang berbisa seperti ular karena disini juga banyak anak – anak, ” ungkapnya.
Amran menyampaikan, bahwa solusi kedepan harus dibangun gorong – gorong sehingga air di koridor kanan bisa mengalis kekoridor kiri sampai menuju sungai dibeberapa titik. ” Kita berharap selama ditenda ini dapat diperhatikan.Kebanyakan hanya bawa pakaian saja,sebagian saja yang membawa perakatan lainnya hingga mesin cuci atau kulkas. Saya sudah minta warga untuk mematikan meteran listrik jika mengungsi agar tidak terjadi hal yang diinginkan,” ucapnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan