Pantau TPS, Bupati Harris dan Kapolres Saling Beri Masukan Ke Panitia dan Penyelenggara

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Bupati Pelalawan H. M. Harris dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada Selasa (16/4/2019) melakukan pemantauan ke sejumlah TPS di ibukota Pangkalan Kerinci meski hujan deras. Dalam pemantauan tersebut Bupati Pelalawan H. M. Harris dan Kapolres Pelalawan tampak saling memberikan masukan dan arahan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di lokasi.
Saat riaudetil. com mengkonfirmasi langsung ke Bupati Pelalawan,menurutnya Tempat Pemungutan Suara (TPS)  harus dipersiapkan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat dalam menggunakan hak suaranya pada Pemilu Serentak, besok  Rabu (17/4/2019).
” Aeperti tenda harus maksimal dan seuai standart dengan ukuran 8×10 dan jangan sampai bocor mengingat hujan deras belakangan hari ini yang akan menggangu pelaksanaan Pemilu dan merusak logistik yang ada. Yang terpalnya tak penuhi standar Kita minta ditambahkan terpal agar masyarakat nyaman,” ungkapnya.
Bupati menekankan kepada semua pihak agar netral termasuk petugas pelayanan sehingga tidak menyulut masalah dan kecemburuan yang akan menggangu keamanan dan kondusifitas pelaksanaan Pemilu.
” Panitia, penyelenggara termasuk petugas pelayanan harus netral. Jaga keamanan dan jangan menyulut masalah dan menimbulkan kecemburuan. Mari bersama – sama Kita jaga jalannya  demokrasi yang amam, tertib, lancar, damai sehingga situasi kondusif tetap terjaga,” ujarnya.
Sementara Kapolres Pelalawan AKBP. Kaswandi Irwan, SIK menambahkan pemantauan dilakukan untuk melihat langsung kesiapan dari KPU hingga PPS dalam mempersiapkan TPS.
” Ya banyak yang Kita minta seperti tenda yang standar yang tentunya menjaga logistik seperti kotak suara, surat suara dan lainnya dari kerusakan dikarenakan belakangan hari inj sering hujan,” bebernya.
Ditambahkan Kapolres,Polisi dan TNI melalui Polres Pelalawan dan Kodim 0313/KPR memastikan terjaminnya keamanan masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk menggunalan hak pilihnya pada Pemilu serentak  besok Rabu 17 April 2019
” Bagi masyarakat yang terganggu keamanannya atau hingga menimbulkan rasa takut, maka Kita dari polisi dan TNI akan menjamin keamanannya dan segera lapor untuk Kita tindak lanjuti. Setiap warga negara berhak menggunakan hak pilihnya dengan rasa aman dan Kita siap jamin ,” papar Kapolres .
Menurutnya, untuk personil kepolisian dari Polres Pelalawan berjumlah 320 personil dibantu 110 personil dari Polda guna pengamanan TPS.Sementara untuk sepertiga kekuatan dikerahkan untuk patroli dari Polres sendiri, bersama Bawaslu dan pihak TNI.
” Pastinya untuk zona rawan menjadi perhatian penuh bagi Kita dalam pengamanan.Zoena rwan dibagi dari segi geografis seperti alam dan jarak,jaeak tempuh,kepulauan atau aliran sungai dan perbatasan wilayah,” ungkapnya.
Dilanjutkannya,kepolisian juga mempersiapkan pengamanan terdiri  3 rayon untuk Polsek. Rayon 1,Kecamatan Pangkalan kerinci, Bandar seikijang, Langgam dan Pelalawan. Rayon 2,Kecamatan Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung dan Ukui. Rayon 3,Kecamatan Kerumutan, Bunut, Teluk Meranti dan Kuala Kampar.
Kapolres juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif sehingga Pemilu berjalan lancar, damai, sejuk dan aman terkendali.  
 
” Mari sama – sama menjaga pelaksanaan Pemilu berjalan kondusif.Masyarakat bersama  – sama saling menjaga keamanan, kelancaran dan keamanan pemilu yang baik, ” tukasya.(ZoelGomes)  
  • Bagikan