Gembiranya Mbah Minto, ‘Artis’ Video Gagal Mudik Bikin Senang Pemirsa

  • Bagikan
Foto: Mbah Minto, nenek yang viral gegara parodi Gagal Mudik (Achmad Syauqi/detikcom)

RIAUDETIL.COM – Sosok Mbah Minto (70) akhir-akhir ini terkenal karena video-video lucunya berisi fragmen-fragmen pendek bertema gagal mudik gegara Corona atau COVID-19 menghiasi media sosial. Perempuan sepuh asal Klaten itu membuat trenyuh netizen, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Video yang menampilkan sosok Mbah Minto memang ramai berseliweran di akun dagelan berbahasa Jawa. Parodi itu dibuat Mbah Minto berkolaborasi dengan Muhammad Sofyan (30) di akun YouTube Ucup Klaten dan Instagram ucup_jbsklaten.

Parodi dagelan itu di YouTube bahkan sudah ditonton lebih dari 1 juta netizen. Lewat video itu Mbah Mintomeminta agar anaknya yang diperankan Ucup tidak mudik dulu karena malah akan membawa virus Corona.

Kowe mulih malah nggawa virus, ra mesakake simbokmu iki? Rasah mulih le, sing penting dhuwite mulih (kamu kalau pulang ya malang bawa viris, apa tidak kasihan ibumu ini? Jangan pulang dulu nak, yang penting uangmu sampai rumah)” demikian salah satu cakapan Mbah Minto dalam salah satu cuplikan video parodinyayang digambarkan sebaga obrolan video call dengan anaknya yang di perantauan.

Meskipun sudah terkenal, Mbah Mintotetap perempuan sepuh lugu yang tinggal di Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Rumahnya sederhana berdinding batako tanpa plester, bantuan dari Pemkab Klaten. Tak ada perabot rumah yang menghiasi rumah itu.

Tinggal seorang diri di rumah, ibu empat anak itu didampingi keponakannya, Paimin saat berbincang dengan detikcom di kediamannya. “Remen sanget damel tiyang sanes bingah (Senang sekali bisa membuat orang lain senang),” kata Mbah Minto saat berbincang.

Mbah Minto mengaku awalnya hanya diajak tetangganya, Ucup, untuk tampil di video tersebut. Dia menyebut sudah banyak video yang dia buat bersama Ucup. “Sampun kathah videone niki (sudah banyak videonya),” tutur Mbah Minto.

Mbah Minto mengaku diarahkan oleh Ucup saat berdialog dalam membuat video. Gara-gara video parodinya terkenal, Mbah Minto juga diajak berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowolewat video call.

Video call antara Ganjar dan Mbah Minto itu diunggah Ganjar di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (2/5). Dilihat detikcom pukul 16.00 WIB, video berdurasi 11 menit itu sudah ditonton hingga 455.664 kali dengan 1.995 komentar.

Dalam obrolan itu, Mbah Minto tampak ditemani kreator video dagelan gagal mudik Muhammad Sofyan alias Ucup (30). Bincang-bincang antara Ganjar dan Mbah Minto itu tampak cair dan penuh canda tawa. Sesekali Mbah Minto juga terlihat tidak nyambung sehingga mengundang tawa.

Ganjar lalu menawarkan Mbah Minto ingin dapat kiriman apa. Mbah Minto lalu dibisiki THR oleh Ucup, dan semuanya tertawa. “Pak Ganjar kirimi THR saya ganteng(Pak Ganjar kalau kirim THR, akan makin ganteng),” kata Mbah Minto.

Jawaban itu disambut gelak tawa lagi. Ganjar berjanji mengirim THR Rp 1 juta ke Mbah Minto yang dititipkan lewat Ucup. Mbah Minto lalu mendoakan Ganjar selalu sehat.

Berapa penghasilan Mbah Minto? Ucup mengatakan di awal membuat video dengan Mbah Minto sejak setahun lalu, setiap kali membuat video si Mbah selalu diberi uang.

“Saya beri Rp 20.000 sekadar uang jajan. Anak-anak muda yang membantu saya Rp 50.000,” kata Ucup.***(detik.com)

  • Bagikan