Sarankan Lockdown, Anggota DPR Minta Dimulai di Bali, Batam, dan DKI

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)

RIAUDETIL.COM – Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan Indonesia harus benar-benar mengambil langkah serius soal penanganan Corona. Lockdownperlu dilakukan. Lockdownbisa dimulai di Bali, Batam, dan Jakarta.

Putu Supadma mengatakan pemerintah perlu memperhatikan dan menindaklanjuti secara serius rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Rekomendasi yang disampaikan melalui surat Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada Presiden Jokowi, salah satunya soal peningkatan penetapan status menjadi darurat nasional.

“Rekomendasi dari WHO ini, menurut saya, sebaiknya segera ditindaklanjuti menjadi darurat nasional, mengingat perkembangan kasus Corona di Indonesia tiap hari semakin meningkat. Pemerintah jangan menunggu wabah ini menjadi seperti efek bola salju, yang bergulir dari kecil dan akan terus membesar, ini seperti fenomena gunung es. Jadi, saat ini waktu terus berjalan, jadi pemerintah tidak usah bingung dan gagap, segera ambil sikap berlakukan lockdownnasional selama beberapa pekan untuk menekan penyebaran virus Corona ini,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (15/3/2020).

Putu menambahkan saat ini Indonesia harus melakukan kerja sama secara menyeluruh dengan WHO dalam menangkal penyebaran pandemi COVID-19 dengan menunjukkan komitmen yang tinggi untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan kesehatan duniaglobal health security, Mengingat negeri ini mempunyai jumlah populasi penduduk terbanyak keempat di dunia.

Wakil ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) ini juga melihat Amerika Serikat, Saudi Arabia, dan Italia telah melakukan lockdownatau pembatalan berbagai kegiatan mereka dengan menutup sekolah dan tempat keramaian. Indonesia didorong melakukan hal serupa.

“WHO sejak awal sudah mengkhawatirkan Indonesia dengan memberikan peringatan dan disurati. Karena itu, saya mengimbau, mendorong, dan mendukung pemerintah untuk wajib melakukan lockdownsecara nasional segera mungkin, yang mana lockdowndapat dimulai di tiga pintu gerbang utama Indonesia, yaitu Bali, Batam, dan Jakarta, untuk meminimalisir perkembangan dan penyebaran virus Corona. Pemerintah harus semaksimal mungkin dalam menangani kasus pandemi Corona ini,” ucapnya.

Putu berharap pemerintah Indonesia secara aktif dan transparan melaporkan dan bekerja sama menampilkan kondisi riil Indonesia yang memang diasumsikan oleh WHO ada beberapa kasus yang belum terdeteksi, sehingga secara langsung WHO menyurati Jokowi.***(detik.com)

  • Bagikan