Masjid Baiturrahman Diresmikan, Ini Saran Mantan Bupati Rokan Hulu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROKAN HULU – Peresmian masjid Baiturrahman di Jalan Rambutan Dusun Pasir Putih Barat, Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, Minggu (1/4/2018) siang, resmi difungsikan untuk kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid yang dibangun melalui swadaya masyarakat yang berjalan selama 3 tahun terakhir juga termasuk bantuan dari Pemda Rohul.

Bangunan tersebut menurut panitia Pembangunan sudah menghabiskan dana sekitar Rp 1,6 miliar, dari target dana yang dibutuhkan mencapai 2,8 miliar.

Peresmian Masjid dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan, Drs H M Ruslan MSi, mantan Bupati Rohul dua priode, Drs H Achmad MSi, KUA Rambah Abdurrahman Zailani, Kades Pematang Berangan Maisar, dan sejumlah imam masjid, perangkat desa, serta ratusan jemaah Masjid Baiturrahman.

KUA Rambah Abdurrahman Zailani, juga melantik Mas Gaul Yunus SHMH merupakan tokoh masyarakat, juga anggota komisi D DPRD Riau, sebagai Ketua Umum pengurus Masjid Baiturrahman, Wakil Ketua Al Hafiz Tambusai, Sekretaris Ridwan Hamidi, Bendahara M Nasir.

KUA Juga melantik dan mengukuhkan, Imam Masjid 1 Ruslan Abdul Gani, Imam 2 HFajar, Imam 3 Ahmed Suhairi dan Imam 4 Indra Zainuddin. Kemudian, Bilal ditunjuk Hamdan, Ansahari, M.Zuhri Daulay, Khotib Mahrim S.Ag, Apri dan Syaiful Anwar.

Mantan Bupati Rohul dua priode H Achmad memberikan saran, selain masjid befungsi sebagai kegiatan ibadah dan keagamaan, diharapkan kedepannya masjid juga berkonsep ekonomi kerakyatan, Artinya, melalui infaq dan shodaqoh, nantinya didata jemaah yang kurang mampu dan kemudian diberikan bantuan modal untuk usaha jemaah tersebut.

Ahmad Juga mengatakan, bila ada dana anak yatim jangan menunggu terkumpul baru dibagikan,Namun dia berharap agar segera dibagikan dana tersebut ke anak yatim, karena itu menyangkut kebutuhan mereka.

“Konsepnya, selain mengejar akhirat melalui masjid juga bagaimana dunia juga dipikirkan, terutama bagi anak yatim, serta masyarakat yang kurang mampu agar mereka dibantu. Bukan hanya syiar Islam saja, namun meningkatkan ekonomi masyarakat yang kurang mampu yakni dengan memberikan modal usaha,katanya, itu juga merupakan hal yang baik, “ saran Pak Achmad.

Asisten II Setda Rohul H M Ruslan berharap, masjid agar dijadikan pusat kegiatan ibadah,kemudian masjid ini diharapkan dalam waktu dekat ada bantuan dari Pemda Rohul.

Karena tambahnya, saat ini dengan adanya aturan baru, bantuan untuk masjid tidak bisa diberikan setiap tahunnya dan Juga karena APBD Rohul yang terbatas, bantuan diberikan juga sesuai kemampuan keuangan daerah, “saat ini memang sulit mengakomodir bantaun masjid seluruhnya di Rohul,” ujar Ruslan.

Ketua Umum Masjid Baiturrahman priode 2018-2021, H Mas Gaul Yunus menyatakan, dirinya berharap dengan masjid yang pembangunannya belum selesai namun sudah bisa dimanfaatkan untuk ibadah shalat lima waktu dan berharap kiranya masjid ini sama- sama kita makmurkan mulai dari perangkat desa hingga, bisa ikut dan mengajak umat ,muslim memakmurkan masjid ini pungkasnya,

Usai kegiatan inti, dilanjutkan Shalat Zuhur berjemaah, dan Kemudian, seluruh tamu dan undangan serta jamaah masjid langsung makan siang bersama. (R.lubis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *