Bupati Hadiri Syukuran Kades Pagar Mayang , Warga Minta Pembangunan Jalan dan Jembatan Diprioritaskan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H,Sukiman, hadiri syukuran atas sukses terlaksananya proses pemilihan hingga pelantikan Kepala Desa Pagar (Kades) Mayang,  beberapa waktu lalu, dipusatkan di halaman Kantor Desa Pagar Mayang, Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (13/2/2019).

Diacara itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadisparbud Rohul Drs Yusmar M.Si, Kaban Kesbangpol Rohul, Kepala OPD Rohul, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si, Kapolsek Tambusai Utara AKP Nurman SH MH, Danramil, Kades se-Kecamatan Tambusai Utara.

Dimana sebelumnya,  Bupati dan Rombongan mengunjungi TK Desa Batas. Kemudian dilanjutkan ke TK Tambusai, Kecamatan Tambusai. Selain itu, di Kecamatan Tambusai Utara, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul mengunjungi dan meninjau TK Restu Bunda dan PAUD Kasih Bunda Desa Mekar Jaya. Kemudian melanjutkan ke PAUD Nurul Huda Desa Pagar Mayang.

Di syukuran tersebut, Kades Pagar Mayang Yanto S.Hut dalam sambutannya mengaku, hampir selama delapan tahun Bupati tidak pernah datang mengunjungi Desa Pagar Mayang.

“Kami sangat apresiasi sekali Bupati Sukiman dan rombongan yang telah berkenan hadir didesa kami, kami harapkan ini menjadi perhatian desa kami, kehadiran Bupati ini juga menjadi tolak ukur menjadi harapan terlaksananya pembangunan di Desa Pagar Mayang,” kata Yanto

Jelas Yanto, bahwa letak Desanya yang masuk kategori terpencil, kini masih ketertinggalan akses infrastruktur, seperti jembatan dan jalan. Karena selama ini Desa Pagar Mayang hanya bisa melalui akses jalan di Desa Bangun Jaya sepanjang 6 KM.

“Kita tidak ada jalan lain selain melewati jalan Desa Bangun Jaya, tadi mungkin bapak Bupati dan rombongan sudah lihat kondisi jalan dan jembatannya, jadi kami harap pak Bupati bantulah kami untuk dibangunkan jalan dan jembatannya, karena kalau hujan turun, kami tidak bisa lewat,” ucap Yanto

Tambah Yanto lagi, jalan dan jembatan tersebut merupakan akses penting untuk mengeluarkan hasil pertanian sebagai penopang ekonomi masyarakat, sekiranya kami berharap pak Bupati bisa secepatnya membantu kami mengaspalkan jalan tersebut. Karena jalan itu sebagai urat nadi perekonomian masyarakat,” harap Yanto

Kemudian, selain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, Yanto juga berharap kepada Pemkab Rohul untuk membantu pembelian alat-alat kesenian Reog Ponorogo, yang saat ini masih kekurangan alat. Pasalnya, kesenian Reog Ponorogo di Desa Pagar Mayang masih eksis dipertahankan oleh anak-anak muda.

Sikapi perytakaan masyarakat, Bupati Rohul H. Sukiman menyatakan, dirinya akan berusaha dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan jalan dan jembatan di Desa Pagar Mayang.

“Insyaallah akan kita usahakan mengaspal jalan ini, meski anggaran kita terbatas dan untuk pembangunan lainnya, akan tetap kita usahakan secara bertahap, kalau tidak bisa masuk pada APBD perubahan ini, kita anggarkan pada APBD 2020,” kata Sukiman

Bupati Sukiman juga berharap, dengan adanya sentuhan pembangunan di Desa Pagar Mayang, agar dapat dirasakan oleh masyarakat, apalagi jalan tersebut merupakan satu-satunya akses transportasi masyarakat untuk mengeluarkan hasil perkebunan masyarakat.

“Selain jalan, ada juga Jembatan Sungai Juragi yang butuh perbaikan, jadi kek mana pak Sekretaris PUPR, tanya Sukiman, kemudian Zulfikri ST menjawab akan diusahakan diperbaiki dalam dalam satu bilan ini dijawab Sekretaris Dinas PUPR Rohul, jadi kalau tidak dilaksanakan, masyarakat akan nagih saya terus,” kata Sukiman

Kemudian, untuk bantuan kesenian, Bupati Sukiman minta ke Kades Pagar Mayang Yanto, untuk membuat proposal yang ditujukan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, begitu juga untuk bantuan lainya ditujukan dan sesuaikan dengan instansinya.

“Selamat atas sukses pelantikan Kepala Desa Pagar Mayang dan syukuran tersebut. Usai Pemilihan Kepala Desa, Mantan Dandim Inhil ini berharap seluruh masyarakat Desa Pagar Mayang untuk rukun dan bersatu kembali. Seluruh Tokoh Masyarakat, BPD, Tokoh Agama dan Pemuda untuk bersatu dalam membangun Desa Pagar Mayang yang lebih maju kedepannya,” harap Bupati.

Diakhir acara, bentuk komitmen dan kepeduliannya kepada Kesenian Reog Ponorogo di Desa Pagar Mayang, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman memberikan bantuan kepada Ketua Kesenian. Selain itu, seluruh rombongan dihiburkan dengan tarian anak-anak dan kuda lumping serta Reog Ponorogo. (Adv/ Pemkab Rohul).

  • Bagikan