Bupati Inhu Buka Pacu Sampan Tradisional di Tepian Jembatan Trio Amanah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE secara resmi membuka festival pacu sampan tradisional ditepian Jembatan Trio Amanah Kecamatan Rengat, Sabtu (08/07/2023) siang.

Ditandai dengan pelepasan balon sebagai tanda resminya acara dimulai yang dilakukan oleh Bupati Inhu, Dandim 0302 Inhu Letkol Kav Prasetyo S.Sos, MM serta turut juga menghadiri sebagai tamu kehormatan Walikota Pariaman Prof. Dr. H. Genius Umar S, Sos, M.Si dan Bupati Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur SE, MM beserta Istri.

Kegiatan festival pacu sampan tradisional ini merupakan agenda tahunan dan menjadi kegiatan rutin dilaksanakan di Kabupaten Inhu.

Dalam kesempatan siang ini Rezita Meylani mengucapkan selamat datang kepada walikota pariaman dan Bupati Padang pariaman atas kunjungannya ke Kabupaten Inhu serta para tamu undangan dan masyarakat lainnya.

Bupati Inhu menyebutkan terdapat tiga rayon pelaksanaan pacu sampan di Inhu, pertama sudah dilaksanakan ditepian sialang lotung Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik, kedua di Tepian Jembatan Trio amanah Kecamatan Rengat yang sedang berlangsung dan yang ketiga akan diagendakan di Kecamatan Batang Peranap.

“Festival pacu sampan di tiga rayon ini merupakan persiapan sebelum mengikuti event pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) nantinya,” terang Bupati.

Kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi untuk para atlet dayung dan masyarakat yang datang berkunjung se Kabupaten Inhu.

Selanjutnya Rezita berharap, festival pacu sampan tradisional ini dapat menjadi salah satu sarana peningkatan sektor ekonomi masyarakat sekitar selama kegiatan pacu sampan berlangsung.

“Kepada seluruh atlet bisa bertanding secara sportif dan jujur, menang kalah itu hal biasa, yang terpenting ajang ini menjadi tempat silaturahmi. Kepada para dewan hakim diharapkan bersikap adil,” tegas Rezita.

Anggaplah dalam pelaksanaan ajang ini menjadi tempat latihan dan penguatan mental atlet untuk mempersiapkan diri menuju pertandingan di Kabupaten Kuansing.

Diketahui pada tahun 2022, Kabupaten Inhu berhasil mendapatkan juara 1 dan juara 3 dalam event pacu jalur di Kabupaten Kuansing.

“Semoga event ini dapat berjalan setiap tahunnya dan dapat menarik peminat dari kabupaten lainnya,” tutup Rezita.

Dilaporkan oleh ketua panitia pelaksana Raja Jamaludin terdapat sekitar 56 sampan kecil yang ikut bertanding dan sekitar 15 sampan godang atau besar.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari untuk sampan kecil dan 2 hari untuk sampan godang atau besar.

Penyerahan dayung secara simbolis kepada perwakilan atlet dayung dan pelepasan pertama pacu sampan tradisional tampak dilakukan oleh Bupati Inhu dan turut disaksikan oleh walikota Pariaman, Bupati Padang Pariaman beserta Dandim 0302 Inhu. (man)

  • Bagikan