Bupati Wardan Ingatkan Kepala Sekolah, Satgas Saber Pungli ‘Gentayangan’ di Inhil

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, INHIL– Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengingatkan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten Inhil agar menghindari tindakan yang terindikasi pungutan liar (pungli).

 

Pasalnya, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang diketuai Waka Polres Inhil Kompol Azwar, telah dibentuk di daerah ini. Tim yang beranggotakan dari Kejaksaan, Pengadilan, Inspektorat dan Satpol PP siap mengintai pelaku praktek pungli di Negeri Seribu Parit ini.

 

“Kita telah membentuk Satgas Saber Pungli, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden guna terciptanya pemerintahan yang bersih dan bebas pungutan liar,” ungkap Bupati HM Wardan, dalam sambutannya pada acara Haul Jama Sekampung di Desa Mumpa Kecamatan Tempuling, Inhil, Selasa (24/1/2017).

 

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pejabat dan staf kelurahan/desa agar menjaga diri dari tindakan yang dapat dijerat sebagai pungutan liar dan terjaring Satgas Saber Pungli.

 

“Jangan sampai gara-gara pungli Rp 5.000 atau Rp 10.000 itu kita tersandung dengan hukum. Jadi, bekerjalah dengan baik dan selalu mengikuti ketentuan dan aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

 

Untuk diketahui, adapun tugas Satgas Saber Pungli adalah melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian atau lembaga maupun Pemerintah Daerah.

 

Satgas ini mempunyai beberapa fungsi seperti Intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi, dengan sasaran tugas pada sentra pelayanan publik di kementrian atau lembaga dan Pemda. (Advetorial Pemkab Inhil)

  • Bagikan