Mengenal Lebih Dekat Sosok H.M.Harris, Dari Pelalawan Untuk Riau 1 

  • Bagikan
Pelalawan,riaudetil.com  – Nama H.M.Harris putra jati asli Riau kelahiran Langgam Kabupaten Pelalawan, 02 Februari 1950 silam
tak lekang oleh waktu.Pribadi sederhana dan rendah hati pada masa kepemimpinannya sebagai Bupati Pelalawan dikenal inovatif dan visioner.Sosoknya dinilai senior dan mumpuni untuk politisi Riau dan eksis membesarkan Partai Golngan Karya (Golkar).
Dirinya sempat diperhitungkan maju pada Pilgubri 2018 silam dan kini pada Pilgubri 2024 namanya kembali mencuat pasca rekomendasi  DPP Golkar sebagai salah satu Calon Gubernur Riau dari Golkar.Namanya kini jadi pembicaraan hangat di Riau.

H.M Harris dengan sudang pengalaman baik dilegislatif dan eksekutif dengan catatan prestasi dari tingkat nasional bahkan internasional pernah diraihnya. H.M.Harris berperan penting membangun Kabupaten Pelalawan dimulai dari pasca  pemekaran dari Kabupaten Kampar pada tahun 1999 silam.Di tahun tersebut, dirinya menduduki posisi Ketua DPRD Pelalawan selama dua periode secara berturut-turut yakni periode 1999-2004 dan periode 2004-2009 hingga Ketua Partai Golkar Pelalawan juga tersemat pada ayah dari 3 buah hatinya ini.


Tak hanya di politik, berlatar belakang sebagai pengusaha sukses,suami dari  Hj Ratna Mainar Harris ini menjelma sebagai entrepreneur sukses dan handal.

H.M Harris juga tercatat menorehkan prestasi yang mentereng,membanggakan dan menasional. Beliau terpilih sebagai Ketua Asosiasi Dewan Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) tahun 2005 hingga 2010.Jabatan ini bentuk kepercayaan seluruh wakil rakyat Kabupaten di Indonesia akan sepak terjang jebolan Lemhanas RI tahun 2007 tersebut.

Usai dirinya berkarir di legislatif, H.M.Harris mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Pelalawan untuk menjadi Wakil Bupati Pelalawan sisa masa jabatan 2006-2011.

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2010 memperroleh amanat dari masyarakat akhirnya  HM Harris dilantik menjadi Bupati berpasangan dengan Wakil Bupati Drs.H.Marwan Ibrahim.

Pada periode ke – 2 H.M.Harris yang saat itu berpasangan dengan Drd.H.Zardewan.MM kembali terpilih memimpin Pelalawan periode 2015 – 2020.Untuk diketahui, kala itu H.M.Harris getol merealisasikan misi dan visi pembaharuan menuju kemandirian yang menurutnya paling dibutuhkan adalah merubah minside atau pola pikir agar tidak lagi menjadi penonton di negeri sendiri.

Dirinya dikenal dengan 7 program strategis Kabupaten Pelalawan yakni Pelalawan Cerdas, Pelalawan Sehat, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar melalui program PPIDK, Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Objek Wisata Bono dan Pembangunan Kawasan Tekhnopolitan semua diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Bagi H.M.Harris,Pemkab mendorong kehiduan yang lebih baik bagi masyarakat, pendidikan gratis, berobat gratis, Pelalawan terang hingga pelosok Desa, Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK) dimana dialokasikan anggaran Rp400 hingga Rp500 juta per desa dan kelurahan.

Selanjutnya, peningkatan ketahanan pangan dan perkebunan, pengembangan objek Wisata Bono dan pembangunan kawasan Tekhnopolitan. Semua program ini merupakan usaha pemkab menjadikan Pelalawan daerah yang maju di Riau.

Track record nya di panggung politik dan birokrat di Kabupaten Pelalawan tak perlu diragukan. HM Harris juga berkiprah secara nasional. Berbagai prestasi diraih pria yang menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Pelalawan seperti 15 tahun ini.

H.M.Harris secara individu telah mendulang kesuksesan sebagai politisi, legislator maupun eksekutif.Sebagai orang dua periode menjadi Ketua DPRD dan dua periode kepala daerah dan pernah menjabat sebagai Ketua ADKASI, tak berlebihan kiranya HM Harris bertarung menuju Riau 1.

Meski usianya kini 74 tahun, hadirnya nama  HM Harris dalam bursa Riau 1 cukup mengambil perhatian publik. Tentu ini saatnya bagi H.M.Harris untuk mengabdi bagi bumi Lancang Kuning.((TRD)

  • Bagikan