Dampak Penetapan PSBB di Pekanbaru, ODP di Rohul Bertambah 127 dan PDP 1 Orang

  • Bagikan
Peta peyerabaran OPD dan PDP di 16 Kecamatan se Rohul.

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Sejak Kota Pekanbaru diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 April 2020, aktifitas warga Rokan Hulu (Rohul) baik datang maupun pergi ke Pekanbaru masih saja terjadi.

Dampaknya, jumlah warga Rohul yang menjadi Orang Dalam Pengawasan (OPD) bertambah 127 orang, dan 1 warga dari Kecamatan Kunto Darussalam sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID 19.

Itu disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas COVID 19 Rohul yang juga Bupati Rohul H. Sukiman, melalui juru bicara Tim gugus tugas Drs.Yusmar, M.Si, Minggu, (19/04/2020) pukul 16. 37 WIB.

“Jumlah ODP 3.687 orang, status masih  dipantau 1.107 orang dan selesai pemantauan 2.580 orang. Total ODP tercatat 3.687 orang, sebelummya ODP 3.560, terjadi penambahan 127 ODP baru.  Kemudian ODP di pantau, hari ini 1.107, sebelummya dipantau  1050, penambahan ODP baru  57 orang.
Sementara  ODP selesai dipantau atau sudah sehat 2.580 orang,  sebelummya 2.510 orang atau bertambah 70 orang,” kata Yusmar.

Kemudian Yusmar menambahkan, untuk data Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Sabtu (18/04/2020), ada penambahan 1 orang. Pasien itu tanpa gejala, sehingga PDP secara akumulatif tercatat 9 orang. Dari keterangan dari tim medis RSUD Rohul serta Direktur RSUD Rohul ada penambahan 1 PDP, dengan inisial BHT, (25) asal Kecamatan Kunto Darussalam.

“Sedangkan untuk riwayat perjalanan dari Gresik Kediri 4 April 2020. Tidak ada gejala, hasil Repit Tes PKM dan menunggu hasil swab,” ungkap Yusmar.

Sedangkan untuk 1 PDP di RSUD, kini menunggu hasil swab kini masih dirawat keadaan umum baik dan tidak ada lagi keluhan sesak, batuk dan demam, 1 PDP dirawat di RS Awal Bross Pekanbaru. Untuk 6 orang PDP lainnya sudah sehat dan dipulangka  ke keluarganya.

Data yang disampaikan sebut jubir Tim gugus Tugas penanganan COVID 19 Rohul Yusmar, itu sesuai dari hasil rekap Surveilens COVID 19 RSUD, Dinas Kesehatan, dari laporan Kepala Puskesmas se Rohul serta data seluruh dokter, Bidan juga petugas Kesehatan di Kecamatan termasuk desa.

“Adanya penambahan ODP, karena warga yang kembali baik dari luar Rohul serta., warga lain yang datang ke Rohul dari daerah yang terinveksi COVID 19, dimana status masih pemantauan  877 orang,” sebut Yusmar.

Pasien positif atau terinfeksi terang Yusmar nihil, dan pasien positif AS yang sudah dinyatakan sehat ,kini tengah proses persiapan untuk dipulangkan ke rumah, nantinya AS selama 14 hari kedepan tetap diisolasi mandiri dan pemeriksaan rutin untuk recovery.

“Tim gugus tugas sudah bekerja sesuai tugas dan fungsi dalam SK Bupati, sesuai laporan dari WA group juga dokumentasi yang disampaikan,” ucap Yusmar. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

  • Bagikan