Pertama di Riau, BPN Rohul Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

  • Bagikan
Kakanwil BPN Riau, didampingi Sekda Rohul dan Forkompinda Rohul meresmikan dua ruangan di Kantor BPN Rohul.

RIAUDETIL.COM, ROHUL – Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang pertama Pencanangan Zona Integritas Bersih Korupsi.

Saat pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (22/1/2019), sekaligus peresmian Loket Pelayanan dan Gedung Arsip Kantor Pertanahan Rohul oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Riau Drs. Lukman Hakim SH‎.

Juga hadir Sekretaris Daerah‎ Kabupaten Rohul H Abdul Haris SSos MSi mewakili Bupati Rohul H Sukiman, Kepala ATR/BPN Kantor Pertanahan Rohul Tarbarita Simorangkir, Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua, Kajari Rohul Freddy Daniel Simandjuntak, Ketua PN Pasir Pangaraian Sahrudi, perwakilan Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian.

Selain itu hadir Kakan Kemenag Rohul H. Syahrudin M.Sy, Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si dan sejumlah Kepala Bidang, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, serta undangan lainnya.

Kakanwil BPN Riau, Lukman Hakim mengatakan, bahwa Pencanangan‎ Zona Integritas di Kantor Pertanahan Rohul merupakan awal, dan satunya kantor di lingkungan BPN Riau yang telah menerapkan pembangunan zona integritas.

“Selaku Kakanwil (BPN Riau) mengharapkan ini harus dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen‎, supaya sesuai amanat Presiden juga kita harus merubah mindset, memasuki paradigma baru menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani,”tegas Lukman.

Lukman mengakui, bahwa secara eksternal baru Kantor Pertanahan Rohul yang mencanangkan Zona Integritas di Riau. Dirinya mengharapkan, seluruh Kantor Pertanahan di Riau menerapkan hal serupa, seperti yang telah diterapkan di Kabupaten Rohul.

Sesuai pencanangan zona integritas, Lukman mengharapkan Kantor Pertanahan Rohul harus bersih dan bebas dari perilaku-prilaku korupsi, dan lebih meningkatkan budaya melayani.

Lukman berterima kasih kepada Bupati Rohul yang sudah mendukung secara penuh program pertanahan yang dilakukan BPN Rohul. Ia berharap tidak ada lagi keluhan dari masyarakat, apalagi Kepala‎ BPN Rohul Tarbarita Simorangkir telah menerima penghargaan karena membuat program strategis yang dicanangkan oleh Presiden.

“Kalau kinerjanya baik kita beri reward, tapi kalau kinerjanya jelek kita punishment (hukuman),” tegas Lukman.

Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan dirinya bersama Bupati Rohul Sukiman, di setiap acara kunjungan kerja terus mengimbau para Camat untuk sosialisasikan program sertifikat gratis dari pemerintah pusat kepada masyarakat.

‎Haris menerangkan zona integritas merupakan program pemerintah saat ini yang diluncurkan oleh Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Ia menilai, untuk penerapan program di Kantor Pertanahan penting, sehingga semua bisa diketahui oleh masyarakat.

“Nantinya ini akan transparan, semua bisa dilihat mulai persyaratan, waktu pelayanan, pembiayaan semuanya jelas. Zona integritas ini hal yang sangat positif‎, ini untuk pelayanan masyarakat, terutama di BPN,” jelas Sekda Rohul.

Abdul Haris mengatakan kerjasama antara Pemkab Rohul dengan BPN sangat penting, apalagi saat ini pemerintah daerah punya program menertibkan perizinan perkebunan perorangan maupun perusahaan.

Seperti untuk perpanjangan Hak Guna Usaha atau HGU‎ yang akan diproses BPN, dan setiap perizinan yang tertib wajib membayar BPHTB ke Pemkab Rohul, sesuai dengan nilai jual objek pajak.

“Tentunya akan membawa dampak positif terhadap penerimaan daerah, dan nantinya kerjasama‎ antara Pemda dengan BPN memang harus bersinergi secara menyeluruh.”

“‎Dengan adanya zona integritas saat ini yang memberikan pelayanan maksimal, ini akan memacu masyarakat untuk pengurusan perizinan, baik perorangan atau perusahaan,”kata Sekda Rohul, Abdul Haris

Usai acara, tamu dan undangan yang hadir ikut Makan Bukancah atau Makan Bersama yang melibatkan pegawai Disparbud Rohul. Pada Makan Bukancah ini disediakan kuliner khas Rohul berupa gulai kacang hijau dicampur dengan ayam kampung.‎(Adv/ Humas Pemkab Rohul).

  • Bagikan