Wabup Rohul H. Indra Gunawan Pimpin Gelar Pasukan Pengawasan Terpadu LLAJ 2023

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap angkutan umum, orang dan over loading, Dinas Perhubungan (Dishub) Rohul menggelar apel Pasukan Pengawasan Terpadu LLAJ 2023, yang dipimpin langsung Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan, dihalaman Kantor Bupati Rohul, Selasa (20/6/2023).

Turut juga dihadiri Kepala Dishub Provinsi Riau, Andiyanto SH MH, Kadishub Rohul Minarli Ismail SP, Perwakilan Forkompinda, Kabid LLAJ Dishub Rohul Ari Gunadi S.STP, Polres dan TNI.

Dalam amanatnya, Pemkab Rohul bangga dan menyambut baik dilaksanakan Pembukaan Gelar Pasukan Pengawasan Terpadu Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) tahun 2023, yang kali ini difokuskan pada “Penegakan Hukum Terhadap Angkutan Umum orang dan Over Loading”.

Lanjutnya, Gelar pasukan ini merupakan langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam sektor transportasi khususnya di kabupaten Rokan Hulu ini.

Oleh karena itu, gelar pasukan ini diharapkan bertujuan untuk mengintensifkan dan Pengawasan Penegakan hukum dan meningkatkan Pengawasan terhadap angkutan umum orang dan barang yang mengacu kepada amanat UU Nomor 22 tahun 2009.

Berupa kelengkapan surat menyurat serta kelayakan kendaraan, serta mengatasi masalah over loading yang telah menjadi perhatian serius dalam beberapa tahun terakhir.

“Dalam gelar pasukan ini, nampaknya telah mengumpulkan pasukan terlatih dan berpengalaman dari berbagai lembaga terkait, termasuk aparat penegak hukum, otoritas transportasi, dan pihak terkait lainnya yang akan bekerja sama dalam operasi pengawasan yang komprehensif, termasuk patroli di lapangan, pemeriksaan kendaraan, penindakan hukum, dan edukasi kepada para pelaku dan pengguna angkutan umum,” harap Wabup

Selama gelar pasukan ini, Wabup berharap dapat mencapai beberapa tujuan penting. Pertama, untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan dan standar keselamatan yang berlaku di sektor angkutan umum.

Kedua, mengurangi praktik over Loading yang membahayakan dan merugikan penumpang serta merusak citra layanan angkutan umum.

Ketiga, memperkuat penegakan hukum dan memberikan sanksi tegas kepada pelanggar untuk mendorong perubahan perilaku dan menciptakan lingkungan transportasi yang lebih aman dan tertib.

“Dalam proses ini, kami mengajak semua pihak terkait, termasuk perusahaan angkutan umum, pengemudi, dan masyarakat umum, untuk berperan aktif dan mendukung upaya ini,” harap Wabup

“Hanya dengan kerjasama dan kesadaran bersama, kita dapat mencapai hasil yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan sistem transportasi kita. Mari sama-sama kita ciptakan transformasi yang berkeselamatan,” tambahnya

Wabup juga berharap melalui Gelar Pengawasan LLAJ ini dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan diharapkan kepada masyarakat dengan sadar menjaga jalan yang sudah dibangun dengan tidak melebihkan muatan angkutan barang.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dalam perencanaan dan persiapan gelar pasukan pengawasan ini. Semoga kerja keras dan dedikasi kalian membawa hasil yang baik dan memberikan dampak positif yang nyata bagi keselamatan dan keamanan lalu lintas di wilayah Kabupaten Rokan Hulu ini,” pungkasnya.***(Advertorial Pemkab Rohul)

  • Bagikan