Camat LBJ Nyatakan Keberadaan GWKAK Sangat Bermanfaat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Terlepas dari boleh atau tidaknya, keberadaan GWKAK (Gabungan Wadah Kerja Antar Kelompok) di Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ), Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sangat bermanfaat.

Hal ini disampaikan oleh Camat LBJ Triyatno S.Sos di Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Jumat (19/2/2021).

Dikatakannya bahwa, GWKAK ini merupakan gabungan dari WKAK (Wadah Kerja Antar Kelompok) yang ada di Kecamatan LBJ.

“Penunjukan kepengurusan WKAK maupun GWKAK ini dilakukan oleh kelompok tani (Poktan), karena mereka adalah perpanjangan tangan Poktan dalam melakukan perawatan jalan,” terangnya.

Dikatakannya juga bahwa dirinya pernah memanggil para pengurus GWKAK ini untuk mengetahui sejauh mana fungsi serta pertanggungjawaban mereka terkait pungutan yang mereka lakukan terhadap para petani sawit.

“Ternyata setiap bulannya mereka membuat SPJ kepada Poktan maupun para pelaku sawit lainnya, dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Dijelaskan camat juga bahwa uang yang mereka pungut tersebut digunakan untuk membeli krokos serta menyewa alat berat untuk memperbaiki jalan, sehingga jalan tersebut bisa dilalui oleh mobil angkutan sawit.

Namun demikian camat juga mengatakan yang dibutuhkan dalam hal ini adalah transparansi para petugas pungutan terhadap uang yang mereka pungut, karena menyangkut kepentingan orang banyak, tutupnya. (man)

  • Bagikan