Dalam Rangka Idul Fitri 1439 H, Desa Kota Lama Gelar Pacu Sampan di Danau Meduyan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Danau Meduyan merupakan salah satu Objek Wisata andalan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) selain Danau Raja yang berada di Rengat Ibu Kota Kabupaten Inhu.

Danau Meduyan terletak di Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, dimana desa ini merupakan salah satu desa di Inhu yang banyak menyimpan sejarah kerajaan Indragiri serta peninggalannya.

Sudah selayaknya Desa Kota Lama ini menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Inhu, selain Danau Meduyan desa Kota Lama ini merupakan tempat keberadaan makam raja-raja Narasinga ll yang merupakan Sultan Indragiri.

Dalam rangka hal tersebut dan untuk merayakan hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M, Pemerintah Desa Kota Lama menggelar Pacu Sampan Mini  (Tradisional) pada sabtu dan minggu (16 -17/6/2018).

Pacu sampan ini terdiri dari kategori sampan mini dengan peserta paling sedikit diisi oleh 8 orang dan paling banyak 15 orang per sampan,  kata Anto kepada wartawan selaku ketua Panitia Pelaksana Kegiatan tersebut.

“Kepada peserta tidak dibenarkan menggunakan atribut calon peserta pilgubri,” Ujarnya.

Peserta pacu sampan tradisional itu diikuti terdiri dari Perwakilan Desa Kota Lama, Desa Pasir Ringgit, Desa Redang, Desa Danau Baru, Desa Sialang Jaya, Desa Air Jernih dan Desa Alang Kepayang.

“Dalam pacu sampan ini sampan Tuk Jihan Lingkaran Nage dari Desa Danau Baru tampil sebagai juara l dan berhak atas hadiah Tropi dan Uang Tunai,” terangnya.

Sedangkan yang tampil sebagai Juara II adalah Sampan Ratu Duyung Delima Sakti dari Desa Redang, Juara III Sampan Juragan Mude dari Desa Alang Kepayang untuk Juara Harapan I Dipeggang oleh Sampan Lantak Lah dari Desa Danau Baru.

“Hadiah tersebut langsung diserahkan  diserahkan langsung oleh Kades Kota Lama Herman Sukur SH,” ungkapnya.

Sementara itu Kades Kota Lama Herman Sukur SH kepada wartawab menyatakan bahwa perlombaan tradisional itu tetap akan kita agendakan setiap tahun menggingat kondisi Danau Meduyan kemampuannya hanya Jalur Mini.

“Dengan adanya acara ini diharapkan kedepannya akan memudahkan masyarakat bersilahturahmi antar desa yang ada di Inhu,” ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa antusias pengunjung sangat tinggi untuk menyaksikan lomba pacu sampan mini ini, terlebih lagi saat ini masih dalam suasana lebaran Idul Fitri, pungkasnya. (Man)

  • Bagikan