Dinas PUPR Kabupaten Inhu Laksanakan Bimtek Sertifikasi SMK3

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) melaksanakan Bimtek (Bimbingan Teknik) Sertifikasi SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja), Rabu (13/11/2019).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, bertempat di Auditorium Thamsir Rachman, Lantai 4 Kantor Bupati lnhu, Jalan Lintas Timur Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Hadir sebagai nara sumber DR. Ir. Ali Akmal M.Si dari Dirjen (Direktorat Jenderal) Bina Kontruksi Kementerian PUPR, Balai Jasa Kontruksi Banda Wilayah l Banda Aceh, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten lnhu Bobby Mauliantino ST. MT, dihubungi melalui selulernya mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 13 Nopember hingga 15 Nopember 2019 mendatang.

“Kegiatan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Dinas PUPR lnhu, Disperindagpas (Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar) serta Disnakertrans (Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi) lnhu,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kegiatan ini sebagai implementasi dari UU (Undang Undang) No 2 tahu 2019 tentang Jasa Konstruksi.

Selain itu juga sebagai lmpementasi dari Permen (Peraturan Menteri) PUPR No :2/PRT/M/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2014 Tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.

Dikatakan Bobby, terkait gencarnya pembangunan infrstruktur di Kabupaten lnhu berdampak terhadap dunia konstruksi, yang membutuhkan ribuan tenaga kerja yang seharusnya memiliki keterampilan dan pengetahuan akan keselamatan kerja dan konstruksi itu sendiri.

“Untuk itu perlu dilakukan seritfikasi ketenagakerjaan konstruksi terkait kecelakaan kerja,” ujarnya.

Mudah-mudahan dengan bimtek dimaksud, Kabupaten lnhu bisa menekan tingkat kecelakaan kerja konstruksi (zero accident) dan pembangunan yang berkelanjutan (suistanable developement), pungkasnya. (Man)

  • Bagikan