DPD PPKRI SATSUS BN Temukan Aktivitas Pembalakan Liar di TNBT

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPKRI Satsus BN (Penerus Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia Satuan Khusus Bela Negara) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menemukan masih adanya pembalakan liar (llegal Logging).

Aktivitas pembalakan liar ini kita temukan di dalam kawasan TNBT (Taman Nasional Bukit Tigapuluh), kata Arbain, Ketua DPD PPKRI Satsus BN Kabupaten lnhu, Ahad (29/9/2019).

“Penemuan ini berdasarkan hasil investigasi ke kawasan TNBT pada hari ini (Ahad,red),” ujarnya Arbain.

Lebih lanjut disampaikan Bain bahwa investasi ini dilakukannya berdasarkan adannya laporan masyarakat kepada DPD PPKRI Satsus BN tentang adanya aktivitas pembabatan hutan di kawasan TNBT.

“Laporan tersebut ternyata benar, dan kita menemukan aktivitas tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten lnhu yang berhasil dimintai keterangan mengatakan bahwa pembabatan TNBT ini sudah terjadi bertahun-tahun, namun yang dibabat tersebut bukan yang berada di dalam wilayah Kabupaten lnhu.

“Pembabatan itu teejadi di KM 21 daerah Sumai, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, yang berbatasan dengan kabupaten lnhu,” katanya.

Dirinya berharap aktivitas pembabatan taman nasional yang banyak dihuni oleh hewan yang dilindungi ini dapat segera dihentikan.

Seperti diketahui, TNBT merupakan hutang lindung yang berada di dua provinsi, yaitu Provinsi Jambi dan Provinsi Riau, dan menjadi habitat bagi beberapa jenis satwa liar yang dilindungi.(Man)

  • Bagikan