Dukung Program BANG PESONA, Pertamina EP Lirik Field Salurkan Bantuan Ternak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – PT Pertamina EP, sebagai anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, memiliki tugas utama mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP turut melaksanakan program pemberdayaan masyarakat sebagai wujud komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah kerja.

Sejalan dengan hal tersebut pula, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field menjalankan program pemberdayaan masyarakat melalui penyerahan bantuan peternakan kepada Kelompok Tani Berkah Mandiri, Desa Lambangsari V, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau.

Bertempat di kediaman salah satu anggota yang juga dimanfaatkan sebagai lahan bersama untuk aktivitas kelompok, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field menyerahkan 4 ekor kambing dan 1 set alat pemotong rumput pada hari Rabu (14/1/2021) kemarin.

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field mendukung pelaksanaan program Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial Nusantara (BANG PESONA) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dijalankan oleh Kelompok Tani Berkah Mandiri.

Kelompok tersebut merupakan satu-satunya kelompok terpilih di Kabupaten Indragiri Hulu untuk melaksanakan program BANG PESONA.

Program BANG PESONA dilaksanakan dengan tujuan utama menciptakan kegiatan ekonomi produktif bagi masyarakat lokal sekaligus menjaga keberadaan hutan sosial di lingkungan masyarakat di level akar rumput.

Implementasi BANG PESONA yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkah Mandiri dilaksanakan melalui program ternak kambing dan penanaman tanaman pangan dan buah, seperti buah alpukat, mangga dan durian.

Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, anggota kelompok terkendala oleh keterbatasan waktu anggota untuk mencari pakan ternak karena kesibukan para anggota. Oleh karena itu, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field memfasilitasi mesin babat rumput yang dapat mengakomodir kebutuhan anggota dalam mencari pakan dalam waktu yang singkat.

Kegiatan penyerahan bantuan peternakan tersebut juga dihadiri oleh Dimas Ariwibowo, SE selaku PLT Kepala Desa Lambangsari V, dalam kesempatan tersebut mewakili pihak pemerintah desa, Dimas menghaturkan apresiasinya kepada Pertamina EP Asset 1 Lirik Field.

“Terima kasih banyak saya ucapkan atas perhatian dan kesungguhan PEP Lirik dalam membantu kelompok tani di Desa kami ini,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, bantuan yang diserahkan ini sebagai suatu sinergi dari kita semua untuk menyukseskan program yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkah Mandiri.

“Kedepannya, kami akan turut serta memonitoring apa yang bapak-bapak ini laksanakan” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut Tionakto selaku Ketua Kelompok Tani Berkah Mandiri juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada perusahaan.

”Terima kasih banyak kepada Perusahaan yang telah mempercayakan bantuan ini kepada kelompok kami. Apa yang sudah diamanahkan ini insyaallah akan kami jaga dengan baik, karena bantuan ini sangatlah bermanfaat bagi kami” ungkap Tionakto.

Dalam kesempatan terpisah, Kurniawan Triyo Widodo selaku Field Manager Pertamina EP Asset 1 Lirik Field berharap bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan dapat bermanfaat bagi aktivitas yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkah Mandiri.

Dikatakannya juga, usaha ternak yang dilaksanakan oleh kelompok sembari menjaga dan memanfaatkan hutan di sekitar wilayah desa merupakan usaha yang potensial.

“Kami selaku salah satu stakeholder, memberikan dukungan penuh kepada kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Berkah Mandiri. Semoga yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi kelompok” pungkasnya. (man)

  • Bagikan