Kembali Menyapa Desa, Bupati Inhu Ajak Masyarakat Batang Gansal Kembangkan UMKM dan Pariwisata

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Masih melanjutkan Program IRAMA Desa, Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE menyapa masyarakat Kecamatan Batang Gansal, Rabu (05/07/2023).

Kali ini, 4 desa yang menjadi tujuan program tersebut yaitu Desa Belimbing, Desa Seberida, Desa Talang Lakat dan Desa Sungai Akar.

Di Desa Belimbing, Bupati beserta rombongan melakukan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan meninjau lahan pertanian yang di kelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Tualang.

Di desa Seberida, Bupati turut meninjau KWT Binaan Karya Serumpun dan menyerahkan BLT DD. Selain itu, beliau juga membuka serta meninjau pelaksanaan Sunat Massal Pemerintah Kabupaten Inhu di Kecamatan Batang gansal yang dipusatkan di kantor desa Seberida.

Sebelum bergerak menuju desa Talang Lakat, Rezita menyempatkan diri meninjau puskesmas di desa Seberida.

Sementara itu di desa Talang Lakat, Rezita bersilaturahmi bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Lestari sambil menikmati seduhan Kopi Nira yang merupakan olahan khas desa Talang Lakat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan panen ikan lele hasil Program Ketahanan Pangan Desa Talang Lakat.

Usai dari Desa Talang Lakat, Bupati lanjut menyapa desa Sungai Akar dengan rangkaian kegiatan yakni meninjau beberapa KWT, memanen madu kelulut, meninjau Posbindu dan meninjau proses layanan seperti Disdukcapil, DPMPTSP, Disperindag dan Dispenda.

Di setiap kunjungannya, Bupati mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada di kecamatan Batang Gansal, baik potensi alam, hasil alam dan pertaniannya.

“Mengingat pembangunan jalan Tol sedang dalam proses pengerjaan, saya mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi, baik pariwisata maupun UMKM,” imbau Bupati kepada masyarakat.

Beliau juga mengajak para anggota KWT dan KTH untuk mengolah hasil pertaniannya dengan membuat produk makanan atau oleh-oleh khasnya masing-masing, sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

“Nanti ketika jalan tol sudah siap, kita juga siap dengan produk khas kita,” ujar Rezita.

Kegiatan Irama Desa ditutup dengan peresmian Lapangan Futsal Panglima Raja milik Desa Sungai Akar. (man)

  • Bagikan