Kominfo Inhu Gelar Sosialisasi KIM

  • Bagikan

RIAUDETIl.COM, RENGAT – Bertempat di Aula Kantor Bappeda (Badan Perencana Pembangunan Daerah) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kabupaten Indragiri Hulu (lnhu), Kamis (25/7/2018) menggelar sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan yang merupakan salah satu program dari Kementerian Kominfo RI ini Ibu Dra Ita Mariani dari Diskominfo dan Statistik Provinsi Riau yang diikuti oleh anggota KIM di Inhu ini.

Kepala Diskominfo Inhu Jawalter S.Pd, M.Pd melalui Sekretarisnya Roma Doris SSi,MPS,M.Eng membenarkan adanya kegiatan tersebut yang dilaksanakan oleh Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi Diskominfo Inhu.

Dijelaskan Roma, KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

“KIM berlokasi di perkotaan/pedesaan. Anggota KIM : 3 (tiga) orang – 30 (tiga puluh) orang: dapat terdiri dari: remaja, orang dewasa/tua: laki-laki/perempuan, pelajar/mahasiswa, pedagang, petani, atau nelayan,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Roma bahwa Masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayagunaan informasi.

Semtara itu Dra Ita Mariani dalam pemaparannya menjelaskan bahwa KIM dibentuk untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama, mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

“Azas KIM yakni Pancasila, menjujung tinggi obyektifitas, keabsahan dan keterbukaan informasi,” ungkap Ita.

Sementara untuk Visi KIM yakni terwujudnya masyarakat inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

Visi tersebut didukung dengan misi Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri. Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antaranggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat. Meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi untuk mengatasi kesenjangan informasi. Mengembangkan dan meningkatkan aktivitas KIM dalam mendayagunakan informasi guna meningkatkan nilai tambah masyarakat dan menyerap/menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dijelaskannya, tugas dari KIM itu sendiri yakni mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi memberdayakan masyarakat-melalui diskusi antaranggota sehingga dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa.

Selain itu juga mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar-kelompok/masyarakat maupun dengan pihak lainnya (pemerintah), sehingga tercipta kerjasama, kebersamaan, kesamaan dan persatuan bangsa.

Ita berharap KIM yang ada di Inhu ini bisa menjalankan fungsinya sebagai Wahana Informasi antara-anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat.

“Sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik. Sarana peningkatan literasi anggota KIM dan masyarakat di bidang informasi dan media masa. Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi,” tegasnya. (Man)

  • Bagikan