Pemkab Inhu Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H Didua Lokasi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau menyelenggarakan acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M di Dua Lokasi pada Kamis (11/3/2021) malam.

Tempat penyelenggaraan tersebut yaitu di Masjid Raya Ar Rahman Rengat dan Masjid Babul Falah Desa Pekanheran, Kecamatan Rengat Barat yang diawali dengan shalat Isya berjamaah.

Di Masjid Raya Ar Rahman Rengat, peringatan Isra’ Mi’raj dihadiri Asisten Administrasi Umum Dra. Hj. Erlina Wahyuningsih mewakili Plh. Bupati Inhu Ir. H. Hendrizal, M. Si.

Tahun ini, peringatan Isra’ Mi’raj mengangkat tema Semangat Isra’ Mi’raj menuntun insan mandiri untuk beribadah secara khusuk serta menjadikan manusia beradab, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Rangkaian acara yang diawali shalat Isya berjamaah ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an.

Plh. Bupati Inhu dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Dra. Hj. Erlina Wahyuningsih mengajak umat Islam agar melalui peringatan Isra’ Mi’raj sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah shalat dan mengaktualisasikan nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari hari.

Diungkapkan Erlina, peristiwa Isra’ Mi’raj tidak hanya menjadi bagian penting dari transformasi spiritual tapi juga transformasi sosial.

“Transformasi spiritual mengajarkan kita untuk senantiasa taat, tunduk dan patuh pada perintah dan larangan Allah SWT,” jelasnya.

Sedangkan transformasi sosial, lanjutnya mengajarkan umat Islam untuk melaksanakan perubahan dari kesalahan menuju kesolehan, dari jalan gelap menuju jalan yang terang benderang.

Untuk itu, sejalan dengan tema peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini Erlina mengajak umat muslim agar menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah shalat sekaligus mampu mengaktualisasikan nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian acara malam itu ditutup dengan penyampaian ceramah oleh Ustadz Aang Setyawan sekaligus doa yang dibacakan oleh pengurus MUI Kabupaten Inhu. (man)

  • Bagikan