Peringati Hari Permasyarakatan ke 54, Warga Binaan Kelas llB Rengat Lakukan Pengecatan Tugu Patin

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Sebagai bentuk keperdulian terhadap lingkungan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas llB Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan pengecatan terhadap Tugu Patin yang berada disimpang 4 Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat jum’at (23/2/2019) kemarin.

Pengecatan ini dilakukan oleh sejumlah warga binaan yang ada di Rutan Kelas llB Rengat jalan Lintas Pematang Reba – Pekan Heran.

Hal ini berbeda dari peringatan tahun-tahun sebelumnya yang hanya dilakukan (dirayakan) didalam Rutan oleh warga binaan, Hari Bhakti Permasyarakatan ini sendiri jatuh pada tanggal 27 April setiap tahunnya.

Selain pengecatan dan pembersihan sekitar tugu patin kegiatan lain yang dilakukan diluar Rutan adalah anjangsana ke Panti Asuhan, kata Kepala Rutan (Karutan) Kelas llB Rengat Bejo Amd,IP,SH,MH kepada wartawan disela kegiatan kemarin.

“Memilih kegiatan pengecatan dan pembersihan Tugu Patin, selain sebagai Ikon Daerah juga karena keberadaannya tidak jauh dari Rutan, selain itu juga karena kondisinya sudah mulai kusam dan perlu dicat,” sambungnya.

Adapun tenaga yang diturunkan untuk melakukan pengecatan dan pembersihan tersebut adalah 30 orang, 15 orang warga binaan dan 15 orang lainnya adalah petugas Rutan.

“Melihat dari kondisinya, pekerjaan pengecatan dan pembersihan tugu patin ini diperkirakan akan memakan waktu 3 (tiga) hari, dan biaya pengecatan ataupun pembersihan ini bersumber dari partisipasi Rutan Kelas llB Rengat,” terangnya.

Dijelaskannya bahwa sebelum melakukan pengecatan dan pembersihan tugu patin fihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab.Inhu, sehingga pelaksanaan kegiatan ini sudah mendapat restu dari pemkab.Inhu.

“Bahkan pada saat akan dilakukan jum’at (23/2/2018) kemarin, Wabup Inhu H. Khairizal, Plt Sekda Inhu H. Hendrizal dan Kepala Dinas PUPR Ir. Yelfidar datang langsung ke Rutan Kelas llB Rengat,” terangnya lagi.

Pemkab. Inhu memberi Afresiasi terhadap kegiatan ini, mudah-mudahan apa yang dilakukan ini hendaknya dapat berarti bagi daerah, tutupnya. (Man)

  • Bagikan