Pertamina EP Lirik Field Sigap Padamkan Karhutla di Desa Pasir Ringgit

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kejadian Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) hampir menjadi bencana tahunan yang mengancam di wilayah Kecamatan Lirik, Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu), terlebih saat memasuki musim kemarau.

Ini disikapi serius oleh Pertamina EP Lirik Field, seperti yang baru-baru ini dilakukan tim HSSE Pertamina EP Lirik Field, sigap memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit, Kecamatan Lirik, pada Jum’at (3/7/2020).

Berdasarkan informasi dari Andi (warga Desa Pasir Ringgit) yang disampaikan melalui seluler kepada Fungsi Legal & Relation Pertamina EP Lirik Field, telah terjadi kebakaran lahan belukar tanpa diketahui penyebabnya.

Dengan sigap informasi tersebut segera direspon oleh tim HSSE untuk melakukan tindakan pemadaman dengan membawa satu unit mobil pemadam kebakaran, tiba di lokasi kejadian tim langsung melakukan pemadaman dibantu oleh Koramil Pasir Penyu dan warga sekitar.

Selang satu jam kemudian api berhasil di padamkan dan tidak ada korban jiwa, walau api sudah berhasil dipadamkan tetapi asap masih mengepul di lokasi, sehingga tim tetap waspada dan berjaga-jaga jika api kembali berkobar.

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dari Pertamina Lirik dan para pihak yang telah membantu pemadaman di Pasir Ringgit,” ucap Andi.

Menanggapi kejadian tersebut Kurniawan Triyo selaku Lirik Field Manager menjelaskan bahwa Pertamina EP Lirik Field akan selalu siap siaga dalam menghadapi bencana terlebih di musim kemarau yang mulai datang.

“Kami upayakan yang terbaik dalam menanggulangi potensi bahaya yang mungkin terjadi, terlebih menjelang musim kemarau seperti ini.” ucap Kurniawan Triyo.

Dikatakannya, dalam waktu dekat juga kami agendakan untuk kegiatan fire drill dan koordinasi dengan aparat instansi-instansi terkait seperti Pemda, TNI-Polri, BNPB dan unsur-unsur lainnya guna meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan tim kami.

Kurniawan juga menghimbau penduduk sekitar agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya karhutla, dan meminta tidak bakar bila saat akan buka lahan perkebunan baru.

Pertamina EP Lirik Field adalah lapangan penghasil minyak dan gas (migas) yang beroperasi di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 1 dengan wilayah kerja Lirik Field meliputi Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan.

Sebelumnya pada kondisi musim kemarau yang berkepanjangan tahun 2019 banyaknya titik karhutla di beberapa provinsi di Indonesia, kondisi ini membuat Pertamina EP – SKK Migas tergerak untuk membantu Pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah, antara lain di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara. (Man)

  • Bagikan