PLN UP3 Rengat Tuntaskan Penyalaan 592 Pelanggan Bantuan Pemasangan Baru Listrik Gratis di 3 Kabupaten

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Untuk mewujudkan energi berkeadilan, PLN bersama DJK Kementerian ESDM bersinergi menyalurkan sambungan listrik gratis melalui program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL).

Khususnya di PLN UP3 Rengat telah menyelesaikan penyambungan sebanyak 592 keluarga tidak mampu yang tersebar di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil) dan Kuantan Singingi (Kuansing), Jumat (30/12/2022).

Penerima BPBL ini adalah keluarga pra sejahtera terdaftar dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial (DTKS), berdomisili di wilayah 3T atau diberikan berdasarkan hasil Validasi Rumah Tangga oleh Kepala Desa/Lurah/Pejabat setingkat yang setara serta penerima juga belum tercatat sebagai pelanggan PLN. Hal ini dilakukan agar bantuan tepat sasaran.

Hadirnya listrik pun disambut hangat masyarakat. Bapak Meli misalnya, salah satu warga penerima BPBL di Desa Pasir Bongkal Kabupaten Inhu mengaku senang mendapatkan bantuan instalasi listrik gratis ini.

“Saya sangat senang, dengan bantuan ini listrik dirumah kami sudah menyala. Kami tidak perlu lagi menumpang listrik ke tetangga dan anak-anak bisa belajar dengan nyaman,” ujarnya.

Manager PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja menyatakan PLN terus mendukung upaya / program pemerintah untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat, termasuk penugasan penyambungan Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL).

“Harapannya, masyarakat bisa terbantu dengan adanya program ini yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Karena seluruh aktivitas masyarakat bisa semakin mudah dengan adanya akses listrik. Pada kesempatan yang sama PLN UP3 Rengat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah setempat, Dinas Sosial yang telah support Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan seluruh pihak yang terlibat mensukseskan program mulia ini.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima, memudahkan anak-anak dalam belajar, membantu kemudahan dalam beraktivitas serta meningkatkan ekonomi masyarakat, Aamiin”, kata Beny. (man)

  • Bagikan