Kunjungi Kampar, World Resources Institute : Pemda Sangat Progresif Melindungi Hutan Adat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Bupati Kampar Azis Zaenal yang didampingi Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto melakukan jamuan makan bersama Regional Manager WRI (World Resources Institute) Rakhmat Hidayat dan Konselor Norwaygia Oyvind Dahl, serta Desi Anwar dari CNN.

Regional Manager WRI (World Resources Institute) Rakhmat Hidayat mengatakan bahwa WRI merupakan lembaga lingkungan Hidup, dipilihnya Kabupaten kampar sebagai penelitian karena merupakan salah satu wilayah panutan yang paling baik, pemda dinilai sangat progresif melindungi hutan adat. Hanya Kabupaten Kampar yang mengakui secara formal baik dalam negeri maupun luar negeri dan Kabupaten Kampar ikut mengakui secara resmi adanya hutan adat.

Ditambahkan Rakhmat Hidayat WRI Indonesia, didirikan di Indonesia dengan nama Yayasan Institut Sumber Daya Dunia, adalah lembaga penelitian independen yang mewujudkan gagasan besar menjadi aksi nyata untuk menciptakan keseimbangan antara perlindungan lingkungan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan manusia.

Rakhmat Hidayat yang didampingi Konselor Norwaygia Oyvind Dahl menyampaikan negara ekonomi dan demokrasi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menyediakan banyak potensi bagi peluang pertumbuhan. Namun, ini seringkali dicapai dengan mengorbankan lingkungan. Meskipun menjadi rumah bagi hutan hujan tebesar ketiga dunia, laju deforestasi Indonesia sangatlah tinggi.

Inilah salah satu tujuan mengapa WRI memilih Kabupaten Kampar dengan hutannya, mengangkat potensi Hutan di Kabupaten Kampar untuk tetap menjaga kelestarian Hutannya ucap Rakhmat Hidayat.

WRI percaya akan potensi Hutan di Kabupaten Kampar untuk menjadi pemimpin internasional dalam usaha mencapai keberlanjutan. Rumah dari salah satu keanekaragaman hayati terbesar di dunia, pemilik kekayaan sumber daya alam yang luar biasa besar, dan juga ekonomi yang beragam, Indonesia mampu mengubah semua kekayaan ini menjadi kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakatnya.

WRI Indonesia bertujuan untuk membawa inovasi dalam penelitian dan bisnis, dalam rangka menciptakan kondisi yang mampu mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan berkelanjutan. Kami ingin berkontribusi dalam pencapaian pada visi ambisius nasional, dengan bekerja bersama para pemimpin di sektor publik dan swasta serta organisasi masyarakat sipil, dalam mengubah gagasan-gagasan besar menjadi aksi nyata. Pada kesempatan tersebut hador mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir Azwan serta beberapa datuk Kenegerian Serantau Kampar Kiri. (RDC/HMS)

  • Bagikan