Apel Pegeseran Pasukan Pegamanan Pilpeng Serentak Di Polres Rohil

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,Ujung Tanjung – Tanah Putih – Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak tahap II se Kabupaten Rohil di halaman Mapolres Rohil, Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Senin (4/12/2017) pukul 09.00 WIB.

Bertindak sebagai pimpinan apel Waka Polres Rohil, Kompol Dr. Wawan SH, MH, perwira apel, Kasat Binmas Polres Rohil AKP Ali Suhut, Komandan apel Ipda A. Ruben.

Turut hadir dalam giat tersebut para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Kaden B Sat Brimob Pelopor Manggala Junction, Kadis Pemdes, Ketua Panitia Pilpeng Tahap II tahun 2017, dan peserta upacara yang terdiri dari gabungan personil Polsek jajaran, Polres Rohil, para Bhabinkamtibmas, Sat Brimob Den B Pelopor Manggala Junction dan Sat Polair Polres Rohil.

Waka Polres Rohil, Kompol Dr. Wawan SH MH, membacakan amanat Kapolres Rohil, menyampaikan bahwa pelaksanaan puncak pesta demokrasi dalam rangka pemilihan penghulu serentak Se-Kabupaten Rohil tahap II tentunya akan memberikan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Adapun dampak yang ditimbulkan, jelas Waka Polres tidak hanya bersifat positif tetapi juga negatif. Hal ini dapat terwujud dalam bentuk potensi gangguan ambang sampai gangguan nyata.

“Dalam berdemokrasi harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan kematangan berfikir serta bertindak, sebagai sebuah sistem politik akan dapat berjalan efektif dalam pengelolaan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Waka Polres Rohil melalui Paur Humas Polres, Aiptu Yusran Pangeran Chery SH dalam rilis yang diterima Senin (4/12/2017).

Pelaksanaan pemilihan penghulu serentak 6 Desember 2017 diikuti 95 kepenghuluan dari 18 kecamatan Se- Kabupaten Rohil, dengan jumlah 163.013 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 454 Tempat Pemnungutan Suara (TPS) yang melibatkan 1199 personil Polsek jajaran, Polres dan Backup Sat Brimob Den B Manggala Junction, serta instansi terkait.

Tiga pola yang diterapkan dalam pengamanan tersebut diantaranya Pola aman sebanyak 331 TPS, Pola rawan 1 sebanyak 116, dan Pola rawan 2 sebanyak 7 TPS.

Kepada personil yang melakukan pengamanan di TPS, terangnya ditekankan tingkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memohon Ridhonya, agar pemilihan penghulu serentak berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Kemudian, kenali wilayah tugas dan laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dengan mengedepankan profesionalisme dan proporsionalitas, serta senantiasa bersikap tegas dan humanis.

Selanjutnya, kedepankan upaya deteksi dini, preentif dan preventif, serta fungsi opsnal dan Bhabinkantibmas bersama toga, tomas, toda, antisipasi kejadian sedini mungkin. Hindari sikap arogan yang tidak mencerminkan sebagai prilaku Polri. Jalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis dengan linmas serta unsur lain. Pegang teguh komitmen netralitas dan tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan yang akan terjadi, dan laporkan hambatan serta kendala dilapangan kepada Kapolsek dan Pamatwil ditempat pelaksanaan pengaman.

Apel pergeseran pasukan selesai dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB berjalan tertib, aman dan lancar.

(jum)

  • Bagikan