Diskominfotiks Rohil Gelar Sosialisasi dan Pembekalan Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral

  • Bagikan

RIAUDETIL. COM, ROHIL – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Rokan Hilir menggelar acara forum Data Statistik Sektoral Kabupaten Rokan Hilir yang bertema Sosialisasi dan Pembekalan Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral bertempat di hotel Armarosa, Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (26/6/2023). Kegiatan sosialisasi dan pembekalan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral ini dibuka secara langsung oleh Kadis Kominfotiks Rokan Hilir, Indra Gunawan, SE, MH, mewakili Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, S.IP.

Acara ini  dihadiri oleh Kepala BPS Rokan Hilir, Ir. Rozalinda, ME, beserta rombongan, Statistisi Ahli Madya BPS Riau, Emilia Dharmayanthi, S.ST, Msi, dan Pranata Komputer Muda BPS Riau, Dadang Sunandar, S.ST, MT.  Turut hadir juga Kabid Perencanaan Perekonomian dan SDA Bappeda Rohil, Ahmad Syukri, serta beberapa pejabat tinggi Pratama dan administrator Pemkab Rohil. Selain itu juga, hadir para peserta dari utusan seluruh OPD berjumlah sebanyak 78 orang.

Mengacu pada peraturan BPS nomor 3 tahun 2022, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengukur kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pemerintah daerah. Selain itu, tujuan acara ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik, dan hasil penilaian dari dua kegiatan statistik yang diajukan dalam EPSS (Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral).

Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SE, MH, menjelaskan dengan adanya forum ini, diharapkan pemerintah daerah dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya dalam menyusun kebijakan dan program-program pembangunan. Selain itu, melalui evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral, diharapkan dapat tercipta peningkatan kualitas layanan publik yang berkelanjutan di bidang statistik. Acara ini menjadi sarana untuk bertukar informasi, pemahaman, dan pengalaman antara berbagai pihak terkait dalam upaya meningkatkan efektivitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam forum ini, peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya statistik sektoral dan bagaimana mengoptimalkan penggunaannya dalam pengambilan keputusan. Melalui diskusi dan presentasi, diharapkan tercipta sinergi antara pemerintah daerah, BPS, dan para peserta untuk mengembangkan metode dan strategi yang lebih baik dalam menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas.

Dalam rangkaian acara ini, akan dilakukan pemaparan hasil evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral tahun sebelumnya, serta pembahasan mengenai langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di masa mendatang. Tujuan utamanya adalah mencapai penyelenggaraan statistik sektoral yang transparan, akurat, dan dapat diandalkan sebagai dasar pengambilan kebijakan yang tepat.

Melalui Forum Data Statistik Sektoral Kabupaten Rokan Hilir ini, diharapkan dapat terbentuk kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, BPS, dan semua pemangku kepentingan terkait. Hal ini akan menjadi langkah awal dalam membangun sistem statistik sektoral yang kuat dan berkesinambungan, guna mendukung pembangunan yang berkualitas di Kabupaten Rokan Hilir,” tutup Indra (Diskominfotiks)

  • Bagikan