Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-62, Bupati Rohil Sampaikan Sambutan Ketua Kwartir Nasional

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,ROHIL – Upacara peringatan hari Pramuka ke-62 tahun 2023 tingkat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dipusatkan di depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi secara langsung dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong, Senin (14/8/2023).

Upacara tersebut tampak dihadiri Wakil ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Kepala OPD, pelatih dan Pembina Pramuka Kwarca Rohil serta berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang disampaikan Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, tepat pada tanggal 14 Agustus 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun.

Pada tahun ini lanjutnya, sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter,” katanya.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan “.

Tema ini sebutnya, menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang di harapkan.

Di samping itu, wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara, terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik.

“Kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugusdepan Pramuka di mana pun berada.

Ketua Kwartir Nasional juga menyebutkan bahwa, pada tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

“Sementara terkait dengan rencana strategis, rencana kerja dan program kerja, saya meminta perhatian kakak-kakak semuanya agar dapat untuk ikut membahasnya dengan sebaik mungkin. Ini dimaksudkan agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal,” harapnya.

Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil juga menyampaikan ucapan selamat hari jadi Pramuka ke-62 dan berharap Gerakan Pramuka di Kabupaten Rohil semakin jaya.

Untuk Kwarcab Rohil Rohil sendiri kata Bupati lagi, begitu banyak kegiatan yang telah dilaksanakan. “Kita memberikan apresiasi kepada Gerakan Pramuka Rohil, semoga semakin maju dan jaya,” pungkasnya.(rls/ prayetno)

  • Bagikan