Warga RTB Keluhkan Keadaan Jalan Dusun Kaiti I ke Air Panas Hapansan Agar PUPR Perhatikan

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,ROHUL – Masyarakat Desa  Rambah Tengah Barat-Kaiti (RTB) , khususnya yang berdiam di kawasan Dusun Sahata Kaiti I mengharapkan pembangunan akses jalan layak untuk mendukung aktifitas perekonomian masyarakat.
Kondisi jalan yang berlumpur menyebabkan masyarakat sekitar kesulitan dalam berkegiatan, termasuk dalam proses mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.
Warga Desa RTB  Alfi Sahri Hasibuan mengatakan, Pemkab Rokan Hulu melalui Dinas PUPR diharapkan dapat segera membangun akses jalan di Kaiti I menuju Air Panas Hapanasan.
“Akses jalan ini bagi kami masyarakat desa merupakan urat nadi. Apalagi, banyak hasil kebun kami yang membutuhkan dukungan akses jalan supaya bisa dilansir dari perkebunan keluar daerah dengan lancar,” ungkapnya pada Selasa (28/1/20).
Dia menerangkan, tak jarang hasil kebun tak dapat dikeluarkan lantaran kondisi jalan yang berlumpur dan semak belukar susah di lewati kendaraan Roda dua dan roda empat.
Jika sedang dalam musim penghujan, kata Alfi, kondisi jalan berlumpur dan semak belukar  terlalu dalam sehingga sulit untuk dilewati para petani dalam melansir hasil kebun.
“Mayoritas warga disini berprofesi sebagai petani. Makanya, kami sangat bergantung dengan kondisi jalan. Jika jalannya bagus, kegiatan pun lancar dan ekonomi punmeningkat,” tambahnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Kades Rambah Tengah Barat Sofyan Daulay. Dia membenarkan, jika akses jalan di Dusun Sahata Kaiti I menuju Air Panas Hapanasan dibuka pada 2014 lalu dengan dana swakelola.
“Pada saat itu, pembangunan menggunakan dana swakelola Dinas PUPR Rohul dan permintaan masyarakat melalui proposal,” sampai Kades.
Sofyan berharap, agar akses jalan tersebut lekas mendapat perhatian pemerintah agar aktifitas masyarakat menjadi lancar dan nyaman sebagai mana visi dan misi “membangun desa menata kota”
“Kita dari pemerintah desa mengharapkan, agar jalan ini di bangun atau peningkatan dan yang rusak dapat diperbaiki,” katanya.
“Selain sebagai akses untuk mengangkut hasil kebun, jalan tersebut juga dibutuhkan masyarakat sebagai akses menuju objek wisata Air Panas Hapanasan juga,” tambahnya.
Ditempat terpisah, Kepala Dinas PUPR Anton Hasibuan .ST.MM melaluwi Kepala UPTD PUPR Wilayah I Rokan Hulu Elfian.SP  mengatakan, Dinas PUPR akan membangun jalan dari Kaiti I ke Air Panasa Hapanasan dalam dekat ini.
“Pengerjaan jalannya akan segera kita kerjakan setelah menyelesaikan pekerjaan di Dusun Sei Bungo Desa Sialang Jaya,” papar dia.
“Insha Allah akan segera kita kerjakan dengan menggunakan dana Swakelola APBD 2020 ini,” tandasnya.”***(Mad).
  • Bagikan