Aparat di Tangsel Woro-woro ‘Di Rumah Saja’, Polisi: Jangan dikira Lockdown

  • Bagikan
Foto: dok.istimewa/detik.com

RIAUDETIL.COM –  Forum Komunikasi Kota Tangerang Selatan mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan kompleks perumahan penduduk. Sambil berkeliling menggunakan mobil berpengeras suara, polisi-TNI dan Pemkot Tangsel mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah guna mencegah penyebaran virus Corona.

“Itu lagi proses sosialisasi pencegahan COVID-19, jadi bukan lockdown. Kan semua polisi, TNI dan pemerintah daerah lagi sosialisasi pencegahan penularan virus Corona,” jelas Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/3/2020).

Masyarakat diminta untuk tetap tenang selama masa tanggap darurat bencana COVID-19 ini. Imbauan untuk tidak keluar rumah, jangan dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.

“Masyarakat jangan khawatir, keberadaan TNI-Polri, pemerintah daerah untuk mensosialisasikan upaya pencegahan penyebaran virus, jadi kita concern untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini,” tutur Iman.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut, jangan kemudian menjadi panik dan memborong makanan. Tidak perlu takut, kami sebagai garda terdepan menjamin kebutuhan masyarakat tetap aman,” sambungnya.

Lebih lanjut Iman mengatakan, sosialisasi langsung ke perumahan ini dianggap penting, agar masyarakat bisa tetap mendapatkan informasi resmi dari pemerintah.

“Jangan sampai masyarakat mendapat asupan informasi yang tidak resmi dari pemerintah. Kalau dari medsos hanya dapat info yang nggak bener, misalnya saja hari ini ada info ‘Jakarta batasi yang dari luar daerah’. Nah dengan ini diharapkan masyarakat bisa langsung komunikasi nanya-nanya langsung ke petugas,” sambungnya.

Iman mengatakan, upaya ini akan terus dilakukan agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di rumah. Tidak hanya di perumahan, polisi juga akan melakukan hal serupa di pusat keramaian dan stasiun serta terminal guna memastikan agar masyarakat tidak berkeliaran di luar rumah.

Dalam video yang beredar di media sosial, polisi dan TNI naik di atas mobil dan menyampaikan pengumuman melalui pengeras suara. Sambil berkeliling di lingkungan perumahan, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah dan melakukan pola hidup sehat dan bersih dengan rajin mencuci tangan serta melakukan social distancing.

“Selamat siang bapak ibu sekalian, kami dari Forkominda Kota Tangsel, TNI, Polri dan Pemkot Tangsel mengimbau bapak ibu sekalian berkaitan semakin mewabahnya virus Corona, kami mengimbau untuk kesehatan kami semua dimohon agar mengurangi kegiatan di luar rumah, jaga jarak aman dengan orang lain, tidak bersentuhan, apabila bertemu cukup lambaikan tangan atau isyarat lain,” ujar seorang polisi melalui pengeras suara.

“Yang ketiga, hindari kerumunan kerumunan. Selanjutnya umat muslim agar jaga wudu masing-masing. agar setiap saat melakukan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir atau cuci tangan memakai antibakteri dan virus. Tak lupa sempatkan olah raga biar keluar keringat dan kita semakin sehat, bisa menangkal virus. Demikian pengumuman kami, semoga bapak-ibu dan saudara-saudara sekalian, termasuk kami dijauhkan dari penyakit-penyakit tersebut dan lainnya dan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita semua. Amiin..amin ya robal alamin,” tutur polisi itu lagi.***(detik.com)

  • Bagikan