Emak-emak Jambak Wanita di KRL dan Mudahnya Kehilangan Kontrol Emosi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM – Heboh lagi soal emak-emak yang lagi marah di KRL. Kali ini bukan karena disebut ‘nenek’ seperti kejadian viral sebelumnya lho. Emak-emak ini marah gara-gara ditegur petugas KRL soal bungkus makanannya yang ia taruh di bangku.

Kejadian viral yang diunggah @rinafarzia dalam akun twitternya ini juga ditanggapi oleh PT KCI. PT KCI mengimbau seluruh penumpang untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Kejadian yang berlangsung pada Sabtu (22/2/2020) itu terjadi di gerbong khusus wanita sekitar pukul 21.15 WIB. Rina, pengunggah video viral ini menjelaskan awal mula mengapa cekcok bisa terjadi.

“Jadi awalnya sebelum kejadian ini, ibu itu duduk di bangku prioritas dan bawa bungkusan makanan gitu. Nah, kebetulan bangku sebelahnya kosong, jadi dia taruh bungkusan di bangku itu. Terus sekuriti kan nggak tahu itu bungkusan apa dan (sependengaran saya yang semoga nggak salah denger) si sekuriti negor ibunya bilang, ‘bu, bungkusan jangan taro situ, taro bawah aja nanti kalo ada yang mau duduk jadi nggak bisa’,” ungkap Rina.

Melampiaskan amarah di tempat umum dengan cara tersebut adalah hal yang tidak patut ditiru. Ada 3 kondisi yang bisa menjadi faktornya, seperti gangguan kecemasan, kebiasaan buruk, dan trauma.

Nah, supaya nggak kejadian seperti ‘emak-emak’ tadi, kamu perlu simak beberapa hal ini supaya nggak cepat emosi, dikutip dari berbagai sumber:

1. Jangan langsung bereaksi

Bereaksi langsung terhadap pemicu emosi bisa menjadi kesalahan besar. Dijamin kamu akan mengatakan atau melakukan sesuatu yang akan disesali nantinya. Sebelum itu, tarik napas dalam-dalam dan stabilkan emosi yang luar biasa.

2. Cari moodboster-mu

Ketika berada dalam suasana hati yang buruk, kamu kemungkinan akan terlibat pada pikiran negatif dan akan secara tidak langsung mengeluh dan bertindak gegabah. Untuk itu, pikirkan hal baik yang membuatmu bahagia saat berada di suasana hati yang buruk. Misalnya telepon teman atau keluarga, membicarakan sesuatu yang menyenangkan dan mendengarkan musik.

3. Usahakan tetap diam

Mencoba diam merupakan salah satu cara mengendalikan emosi. Saat marah, seseorang akan lepas kontrol sehingga mengeluarkan kata-kata atau tindakan yang tidak pas.Bahkan perkataan tersebut akan memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak. Lebih baik jika kamu diam dan memberikan waktu sejenak untuk mengatasi emosi pada diri sendiri.

4. Tersenyum

Tersenyum dapat membantu untuk memengaruhi emosi negatif yang meningkat. Tersenyum pada saat emosi sedang naik-naiknya memang terasa janggal, namun otak akan merespons dan menyesuaikan.

Cerita di balik perjalanan saat di KRL memang selalu ada-ada saja ya. Kalau kamu sendiri, pernah punya pengalaman apa?***(detik.com)

 

  • Bagikan